AdvedtorialDPRD Prov SulbarTNI Dan Polri

Ketua DPRD Provinsi Sulbar Dukung Penanaman 10 Juta Pohon oleh Polri

BeritaNasional ID, MAMUJU SULBAR – Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Suraidah, mendukung penanaman 10 juta pohon oleh Polri secara serentak di 34 provinsi di Indonesia, Rabu (15/11/2023).

Menurut politisi Partai Demokrat ini, program itu menjadi strategi penting mitigasi risiko bencana di daerah.

“Aksi menanam pohon ini perlu kita dukung bersama, apalagi di Sulbar yang kita ketahui termasuk daerah rawan bencana, baik banjir maupun longsor,” ucap Suraidah.

Karena itu Suraidah juga menyarankan program serupa bisa melibatkan masyarakat serta mengedukasi masyarakat mengenai alih fungsi lahan dari tanaman biji-bijian ke tanaman buah. Misalnya di area penanaman jagung yang tidak ditumbuhi pohon juga dapat difungsikan untuk menanam tanaman buah.

“Bibitnya juga bisa diberikan ke masyarakat sekaligus menyadarkan masyarakat agar alih fungsi lahan seperti di area lahan penanaman jagung itu,” ujarnya.

Diketahui, dari aksi menanam pohon serentak itu, Polda Sulbar menargetkan 7.500 bibit pohon yang ditanam di halaman belakang Mapolda atau disekitar lapangan tembak Adhi Pradana.

Kapolda Sulbar Irjen Pol Adang Ginanjar mengatakan, menanam pohon merupakan komitmen Kapolri bersama TNI, Pemerintah, Stakeholder lainnya dan seluruh komponen bangsa untuk menghijaukan, melestarikan dan memperbaiki iklim yang ada di Indonesia.

“Penanaman pohon juga akan mengurangi dan mencegah dampak polusi, kerusakan lingkungan hingga pemanasan global,” ucap Kapolda.

Penanaman sepuluh juta pohon ini juga didukung langsung oleh Kementerian koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan RI, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan RI dan Kementerian Pertanian RI. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button