AsahanDaerah

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Asahan Buka Sosialisasi Penyajian dan Pengolahan Serba Ikan

BeritaNasional.ID, Kisaran – Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang banyak manfaatnya. Kandungan nutrisi yang terdapat pada sepotong ikan sangat bermanfaat bagi tubuh. Salah satu kandungan penting yang sangat bermanfaat dari makan ikan adalah omega 3. Tak hanya banyak manfaat, ikan juga banyak jenisnya sehingga mudah untuk dikonsumsi.

Demikian dikemukakan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Asahan Hj. Titiek Sugiharti Surya MPd ketika membuka Sosialisasi Penyajian dan Pengolahan Serba Ikan yang diselenggarakan dinas Perikanan Kabupaten Asahan di aula kantor Desa Asahan Mati, Kecamatan Tanjung Balai, Rabu, (23/06/2021).

Dikatakan Titiek, makan ikan itu sangat banyak manfaatnya bagi tubuh. Salah satunya ikan memiliki kandungan nutrisi untuk meningkatkan perkembangan otak, tulang, dan mencegah risiko penyakit kronis. Selain itu nutrisi yang terkandung dalam ikan juga dapat membuat kondisi tubuh tetap prima meski sudah dimakan usia.

Kemudian Ketua TP PKK Kabupaten Asahan itu berharap sosialisasi pengolahan makanan serba ikan dan gerakan masyarakat makan ikan dapat mendorong semakin banyak warga yang menkonsumsi ikan sehingga berkonstribusi positif bagi pelaku usaha perikanan. Apalagi jika gerakan tersebut diimbangi dengan peningkatan program pemberdayaan dan perlindungan kepada pelaku usaha perikanan.

Gerakan ini, lanjut istri Bupati Asahan itu, juga merupakan salah satu upaya dari Pemerintah Kabupaten untuk mengatasi masalah stunting dimana seperti diketahui bahwa stunting merupakan masalah kekurangan gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga berdampak pada kegagalan pertumbuhan anak.

Oleh karena itu saya mengimbau dinas Perikanan Kabupaten Asahan dan Tim Penggerak PKK Kecamatan Tanjung Balai agar dapat berperan aktif mengikuti kegiatan sosialisasi penyajian dan pengolahan serba ikan yang dilaksanakan sehingga bisa memberikan manfaat yang positif, pungkas Hj. Titiek Sugiharti Surya.

Sementara Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Asahan Ir. Hazairin MM dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya Sosialisasi Penyajian dan Pengolahan Serba Ikan yang dilaksanakan merupakan salah satu upaya memasyarakatkan kebiasaan mengkonsumsi ikan untuk meningkatkan kecerdasan dan menjaga kesehatan tubuh serta sangat baik untuk pertumbuhan tubuh.

Hazairin menjelaskan kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan hanya satu hari saja dan diikuti sebanyak 60 orang peserta yang terdiri dari 20 orang perwakilan tingkat TK, 20 Orang usia keluarga muda dan 20 Orang dari Tim Penggerak PKK Desa Asahan Mati.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button