Jawa TimurMaduraRagamSitubondo

KH Musleh Adnan Kecewa, Foto dan Namanya Dicatut Acara Pengajian di Situbondo

BeritaNasional.id, SITUBONDO JATIM – Salah satu Kiai kondang asal Pulau Madura, Jawa Timur memberikan klarifikasinya terkait beredarnya gambar yang mencatut dirinya dalam sebuah pengajian umum di Ponpes Darul Muttaqin di jalan Samudra, Desa Ketah, Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Minggu (5/11/2023)..

Dalam unggahan akun facebook M Musleh Adnan, Pengasuh Pondok Pesantren Nahdlatul Ta’limiyah di Pamekasan Madura itu mengatakan jika dirinya menyayangkan terpasangnya foto dalam Pengajian umum di Desa Ketah Situbondo, padahal ia tidak menerima undangan atau pemberitahuan apapun dari pihak panitia pengajian.

“Pengajian ini tidak mengundang saya, tapi mencantunkan foto saya, acaranya nanti malam di Ketah, Suboh Besuki, mohon dimaklumi kalau saya tidak hadir karena saya memang tidak diundang, mulai tadi banyak yang telpon saya menanyakan hal ini, acem macem onggu essena alam (beraneka macam isinya alam), ” tulis KH Musleh Adnan di akun facebooknya.

Postingan Kiai kelahiran Jember 18 Oktober 1975 langsung viral dimedia sosial dan dibanjiri ratusan komentar, bahkan ada sebagian netizen menganggap pencatutan foto dan nama KH Musleh Adnan hanya untuk menarik jemaah pengajian.

Salah satu netizen dengan akun “Canz Rusi Lah” yang mengaku salah satu jemaah Darul Muttaqin mengatakan, jika urusan mengundang KH Musleh Adnan telah dimandatkan ke salah ustadz.

“Saya termasuk jamaah Darul Muttaqin. Ternyata ustad yang punya mandad mengundang ajunan tidak menyampaikan ke ajunan. Sohibul majelis kecewa sama ustad yang bertanggung jawab ternyata tidak amanah. Padahal ustadnya sendiri yg menawarkan karena lagi 1 panggung sama ajunan waktu dibondowoso, ” cuitnya.

Bahkan ustadz yang telah menerima mandat itupun sempat mengaku jika KH Musleh Adnan dalam kondisi sakit sehingga tidak bisa menghadiri undangan pengajian.

“Karena penanggung jawab (ustadz) kemarin dikonfirmasi alasannya kiai sakit. Tapi panitia kaget setelah menghubungi Kiai Musleh langsung ternyata tidak di undang katanya. Kasian sohibul majelis yang sangat kecewa sama penanggung jawab, ” lanjutnya.

Mengetahui banyak komentar klarifikasi dari masyarakat Situbondo dan pihak panitia, KH Musleh Adnan kemudian membuat postingan baru dengan nada pemberian maaf terhadap keteledoran panitia.

“Sudah saya maafkan semoga tidak terulang kembali kasihan jemaah yang dari jauh. Terima kasih semuanya, saya sehat dan tidak sakit, ” Tulisnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button