Jawa Timur

Kodim 0822 Bobdowoso Selaraskan Sisrendal Binter Dengan Program Pemda

Berita Nasional.ID, Bondowoso Jawa Timur – Sistem Perencanaan dan Pengendalian Binter (Sisrendal Binter) merupakan suatu proses perencanaan yang dibuat secara teratur, terkoordinasi dan terpadu antar aparat Kowil dengan Pemerintah Daerah dan instansi terkait untuk kepentingan kesejahteraan maupun kepentingan pertahanan negara.

Sisrendal Binter tahun anggaran 2023 beetema ‘Menyelaraskan Sisrendal Binter Dengan Program Pemerintah Daerah Guna Menciptakan Kemanunggalan TNI-Rakyat’, diselenggarakan di aula Jenderal Sudirman Makodim, Jum’at (5/5).

Kegiatan ini dibuka oleh Dandim 0822/Bobdowoso Letkol Arm Suhendra Chipta, M.Tr.Hanla., yang diwakili oleh Pasiter Kapten Arm Yonaidi Desianto. Dengan menghadirkan seluruh Danramil dan Bintara Tinggi Koramil.

Dalam sambutannya, Dandim mengatakan, tujuan dari kegiatan Sisrendal Binter (Sistem Perencanaan dan Pengendalian Pembinaan Teritorial) ini adalah untuk menjamin arah Binter secara konsisten dan berlanjut menuju tercapainya tujuan pembinaan teritorial. Serta terwujudnya kegiatan perencanaan program pembangunan di daerah secara terpadu, melalui penyusunan Renbinter dan Progbinter.

“Sebagai insan aparatur kewilayahan, rekan-rekan semua harus menguasai, memahami dan mampu mengaplikasikan semua ilmu Binter untuk kelancaran tugas di wilayah masing-masing. Insan Teritorial harus mempunyai tatakelola ilmu Binter yang baik, tertib dan dapat dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu kegiatan semacam ini sangatlah penting untuk mengasah dan mempertajam kemampuan Binter Prajurit,” ujarnya.

Sesuai dengan tema, lanjutnya, kegiatan ini adalah, menyelaraskan Sisrendal Binter dengan program Pemerintah Daerah untuk menciptakan kemanunggalan TNI-Rakyat.

“Dari tema tersebut maka dapat diuraikan bahwa penyelenggaraan Binter di wilayah harus dilaksanakan secara total, terpadu, terarah serta berkelanjutan untuk menegakkan kedaulatan bangsa diwilayah darat dengan kemanunggalan TNI-Rakyat,” katanya.

Disamping itu, Dandim juga meminta agar pelaksanakan tugas Binter di wilayah sesuai dengan Binter yang sudah diajarkan dan tetap jaga kekompakan serta soliditas dengan semua aparatur pemerintah dan seluruh komponen masyarakat yang ada di wilayah. Agar tercipta kerjasama yang baik dalam melaksanakan tugas.

“Untuk itu dalam kesempatan tersebut Dandim melalui Pasiter menekankan agar mengikuti kegiatan ini dengan penuh antusias dan semangat. Simak dan pahami semua isi materi yang disampaikan. Apabila ada materi yang kurang jelas atau belum dipahami, maka tanyakan kembali kepada pemateri,” pungkasnya. (Zainul Muhaimin).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button