AdvedtorialDPRD WAJO

Komisi III DPRD Wajo, Dorong Pemkab Wajo Untuk Segera Lakukan Normalisasi Aliran Sungai

Advetorial DPRD Wajo, BeritaNasional.ID, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Wajo, H. Mustafa mendorong Pemerintah kabupaten Wajo untuk segera melakukan normalisasi aliran Sungai Lajokka menyusul banjir bandang yang terjadi beberapa hari lalu.

Hal tersebut disampaikan Anggota Fraksi Gerindra ini, Selasa (29/6/2021) usai meninjau rumah warga yang rusak berat akibat banjir bandang di Desa Inalipue, Kecamatan Tanasitolo.

Menurutnya, aliran Sungai Lajokka yang melintasi empat desa di kecamatan Tanasitolo yakni desa Tonralipue, Inalipue, Mannnagae dan Lowa ini sangat mengkhawatirkan dan mendesak untuk dilakukan normalisasi.

“Dibutuhkan langkah preventif dari Pemerintah Kabupaten agar bencana serupa tidak lagi terjadi. Dalam waktu tiga hari ini sudah terjadi dua kali banjir, artinya kondisinya sudah sangat mendesak, “ujarnya.

Dia menjelaskan, pada dasar sungai tidak hanya terjadi pendangkalan, namun palung sungai ini juga menyempit , jika curah hujan tinggi sungai tidak akan mampu untuk menampung debit air, sehingga meluap ke area pemungkiman warga. tidak hanya itu, meluapnya sungai juga masuk ke area pertanian warga.

Untuk itu, Legislator dari Dapil II Tanasitolo-Majauleng ini meminta kepada Pemerintah Kabupaten Wajo agar secepatnya berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) untuk melakukan normalisasi.

“Tidak boleh terlambat menangani persoalan ini, karena menyangkut hajat hidup orang banyak. Jangan sampai bencana banjir bandang yang baru saja terjadi terulang lagi sebelum ada penanganan dari Pemerintah kabupaten Wajo, ” ujarnya.

Sementara itu, Kadis PUPR kabupaten Wajo, Andi Pameneri saat mendampingi Bupati Wajo meninjau lokasi banjir mengatakan pihak telah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) dan secepatnya akan melakukan penanganan.

(Humas dan Protokoler DPRD Wajo)

Show More

Related Articles

Back to top button