DaerahJawa TimurSitubondo

Kontes Ternak di Situbondo, Sapi Kereman Ekstrem Bobot 1 Ton 56 Kilogram Juara Satu

BeritaNasional.id – SITUBONDO JATIM, – Sapi yang diberi bernama Barong jenis Limosin bobot 1 ton 56 kilogram, milik H. Aji Zakiya berhasil meraih juara satu katagori Kereman Ekstrem pada Kontes Ternak tahun 2023 yang digelar oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Situbondo, Rabu (31/5/2023).

Keterangan yang disampaikan H. Aji Zakiya mengatakan, bahwa si Barong sudah tiga kali mengikuti kontes ternak. Yang mana pertama kontes ternak di Kabupaten Jember dengan meraih juara harapan lima katagori calon kereman. Kemudian juara satu kontes sapi di Pasar Sabtuan, Sumberkolak Situbondo dengan katagori calon kereman, dan juara satu kontes ternak di Situbondo kelas kereman ekstrem.

Lebih lanjut, H. Aji Zakiya menyampaikan, bahwa Barong pernah terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK) namun Barong mampu bertahan dan sembuh dari PMK. Setelah sembuh lalu Barong di vaksin lengkap dan mengikuti lomba. “Barong pernah kena PMK hampir empat bulanan. Alhamdulillah, Barong bisa sembuh, sehingga bisa ikut kontes ternak,” jelas H. Aji Zakiya.

Barong, kata H. Aji Zakiya, baru berusia sekitar 3,5 tahun. Tidak ada perawatan khusus kepada Barong. Barong dirawat seperti merawat sapi-sapi lainnya. “Untuk perawatannya tidak ada yang spesial. Makannya Barong rumput hijau segar. Kemudian minumnya campuran ampas tahu, polar dan katul. Barong di kasih makan pagi dan sore,” tutur H. Aji Zakiya.

Usai meraih juara satu pada kontes ternak yang berlangsung di Alun-Alun Besuki, Kabupaten Situbondo ini, sambung H. Aji Zakiya, Barong akan di jual. ” Barong akan saya jual seharga Rp180 juta, masih bisa di nego Silakan bagi yang berminat bisa langsung datang ke kandang sapi milik saya di Desa Mojosari, Kecamatan Asembagus, Situbondo,”pungkas H. Aji Zakiya. (As’ad/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button