Daerah

Korban Seroja Menunggu Janji Manis Pemda Belu, Bupati Agus Serahkan 43 Dos Eko Mie

BeritaNasional.ID-Belu NTT,- Sebanyak 41 KK dan 146 jiwa Korban Badai Seroja di Desa Tasain Kecamatan Raimanuk Kabupaten Belu harus mengungsi lagi akibat banjir merendam rumah-rumah warga yang diakibatkan dari hujan deras selama dua jam pada Selasa, (08/02/2022).

Beberapa keluarga yang sudah berlanjut usia dan anak-anak terpaksa harus mengungsi keluar dari rumah masing-masing dan menyelamatkan diri di bahu jalan umum sambil mengamankan barang-barang miliknya sebelum di evakuasi oleh tim gabungan dari BPBD dan DINAS SOSIAL Kabupaten Belu.

Salah satu korban bencana seroja satu tahun lalu Hendrikus Tulasi kepada media ini menyampaikan, rasa kekecewaannya terhadap Pemerintah Daerah Kabupaten Belu yang berjanji untuk mau direlokasi para korban sesuai janji Pemda sejak tahun lalu,namun hingga saat ini janji itu tidak kunjung terealisasi.

“Setiap kali hujan kami tidak bisa tenang, apa lagi kalau hujan pada malam hari tentu kami di hantui rasa gelisah. Dan hari ini terjadilah hujan beberapa jam dan rumah kami terendam banjir maka terpaksa kami kasih keluar barang-barang bawa ke pinggir jalan ini”, ungkap Hendrikus.

Dikatakan bahwa, “sudah ada orang dari kabupaten dan tadi kami diminta untuk berkumpul ke gereja GMIT Solavide Motamoru. Jadi kami minta pemerintah tolong tepati janjinya untuk segera merelokasi kami dari tempat ini sehingga kami bisa tenang dari keadaan ini”, tutupnya.

Terpisah, salah satu korban atas nama David Kiak sambil mengelus dada dan terbata-bata kepada awak media ini ia menuturkan,l keadaan yang dialaminya sambil memandang kepada anak-anak dan berkata, “Saya sedih sekali pak, tahun lalu rumah saya hancur dan kembali saya berusaha membangunnya. Dindingnya juga pake seng bekas sampai sekarang”, ungkap David.

ia mengaku, Sudah hampir satu tahun janji pemerintah untuk relokasi kami di tempat yang aman sehingga kami tidak harus mengungsi lagi di gereja ini yang waktu itu juga kami pernah mengungsi kesini.

Pada kesempatan yang sama Bupati Belu Agus Taolin secara pribadi menyerahkan bantuan darurat berupa 43 dos Eko Mie dan akan ada bantuan dari lain yang menyusul pada esok hari. juga ada beberapa bantuan darurat lain dari kepala Dinas Sosial, BPBD dan dari pihak Gereja Solavide Motamaro.

Turut evakuasi korban dilokasi desa Tasain yaitu Kadis Sosial, Kabid BPBD, Camat Raimanuk, kepala Puskesmas Rafae dan Kapolsek Raimanuk bersama Kepala Desa Tasain. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button