ACEH

KPw BI Lhokseumawe Gelar Leadership Practice GenBi

BeritaNasional.ID | Aceh Tengah – Sebagai bentuk dukungan Bank Indonesia terhadap pengembangan SDM unggul, KPw BI LHokseumawe melaksanakan Leadership Practice (LP) untuk meningkatkan sifat kepemimpinan, rasa kekeluargaan, dan nasionalisme anggota Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat Lhokseumawe periode 2023-2024. Acara LP GenBI mengangkat tema “Exploring Leadership Horizons: Navigating Challenges, Fostering Unity, and Inspiring Growth” dan dilaksanakan selama 2 hari pada 2-3 Desember 2023 di Aceh Tengah, serta diikuti oleh 110 peserta dengan penuh antusias.

Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Rio Wardhanu selaku Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe, yang memberikan sambutan pembuka yang memotivasi. Beliau menekankan peran penting generasi muda dalam membentuk masa depan bangsa, serta memberikan apresiasi kepada GenBI atas komitmennya dalam mengembangkan keterampilan kepemimpinan, memperkuat persatuan, dan menanamkan semangat nasionalisme di kalangan anggotanya.

Salah satu kegiatan Utama LP adalah sesi wawasan kebangsaan oleh Dandim 0106 Aceh Tengah, Letkol Inf Kurniawan Agung Sancoyo. Beliau memberikan pengalaman dan kiat-kiatnya dalam menempa kepemimpinan dan nasionalisme. Dalam presentasinya, beliau menyampaikan 11 asas kepemimpinan TNI yang dapat menjadi landasan kuat bagi peserta dalam membentuk kepemimpinan yang efektif dan bertanggung jawab. Letkol Inf Kurniawan juga memberikan motivasi dan inspirasi. Satu kutipan yang beliau sampaikan adalah “Ada masa depan yang harus dipersiapkan, ada cita-cita yang harus diwujudkan, dan ada orang tua yang harus dibahagiakan.” Kata-kata ini mencerminkan semangat untuk terus berkembang, bermimpi besar, dan mewujudkannya untuk memberikan kebahagiaan kepada orang-orang yang dicintai.

Selain sesi edukasi, peserta juga terlibat dalam berbagai kegiatan lainnya, termasuk kegiatan outbond untuk memperkuat kerjasama tim dan malam keakraban yang mempererat hubungan di antara anggota GenBI. Tidak hanya itu, acara ini juga menjadi momen spesial dengan diadakannya agenda Mozaik GenBI yang pertama kali dilakukan di GenBI Lhokseumawe. Melalui kegiatan ini, peserta berkesempatan untuk menunjukkan identitas dan kontribusi mereka dalam GenBI sebagai frontliner. Acara ditutup dengan agenda rafting arum jeram yang tidak hanya menantang keberanian tetapi juga memberikan pengalaman yang mengesankan bagi semua peserta.

Bank Indonesia terus memperkuat komitmennya untuk mendukung pembentukan individu penerus bangsa yang memiliki kepemimpinan yang berkualitas, rasa kekeluargaan yang kuat, dan semangat nasionalisme yang membara. Diharapkan kegiatan seperti ini dapat terus memberikan dampak positif pada perkembangan generasi muda Indonesia.(*fadhil)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button