DaerahJawa TimurPendidikanRagamSitubondo

KSOP Kelas IV Panarukan Situbondo Gelar Sosialisasi Inaportnet

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Panarukan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, melaksanakan Sosialisasi Inaportnet Kepada Pengguna Jasa di Pelabuhan Panarukan Tahun 20022, Kamis (20/10/2022).

Sosialisasi yang berlangsung di Wisma Rengganis kawasan wisata Pantai Pasir Putih, Situbondo ini, dibuka langsung oleh kepala KSOP Kelas IV Panarukan, Herland Apriyanto. “Sosialisasi ini, dihadiri oleh sejumlah para pengusaha atau pengguna jasa,” ujar Herland Apriyanto.

Sosialisasi ini, sambung Herland Apriyanto, bertujuan untuk mengenalkan kepada para pengguna jasa tentang aplikasi Inaportnet program pemerintah pusat. “Pelayanan Inaportnet ini, berawal dari pelayanan manual menjadi pelayanan tersistem. Dan layanan Inaportnet ini sudah diterapkan di pelabuhan -pelabuhan besar di Indonesia, terutama di pelabuhan kelas satu dan dua,” tuturnya.

Sosialisasi Inaportnet tahun ini, imbuh Herland Apriyanto, dilakukan di KSOP Panarukan dan KSOP Kalianget, Jawa Timur. “Untuk tahun depan, sebanyak 150 KSOP akan melaksanakan sosialisasi program Inaportnet,”ujarnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Herland Apriyanto, namun pria kelahiran Situbondo ini juga mengatakan bahwa, tujuan sosialisasi tersebut, agar para pengguna jasa dan para operator pelabuhan bisa mengoperasikan layanan Inaportnet secara benar dan tepat.

“Diharapkan pada bulan Desember 2022 mendatang, para pengguna jasa maupun operator KSOP Panarukan sudah bisa menggunakan layanan aplikasi Inaportnet itu. Sehingga, semua kegiatan perkapalan bisa terintegrasi dengan Kementerian Keuangan yang tersistem dan memudahkan para pengguna jasa dalam hal pelayanan publik,” terang Herland Apriyanto.

Sistem Informasi Inaportnet ini, tambah Herland, merupakan layanan yang dipergunakan untuk membantu proses permohonan pelayanan kapal hingga dikeluarkannya izin pengoperasian kapal, mulai dari kapal masuk, kapal tambat, kapal tunda hingga kapal keluar termasuk pembayaran PNBP.

“Jadi, semangat Inaportnet ini, adalah percepatan pelayanan, mempermudah pengguna jasa. Yang pasti, transparan dan akuntabel. Sistem layanan Inaportnet ini, secara perlahan akan terintegrasi dengan Komisi Pembarantasan Korupsi,” pungkas  kepala KSOP Kelas IV Panarukan, Herland Apriyanto.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button