DaerahTNI Dan Polri

Kumpul Bhabinkamtibmas, Ini Pesan Kapolres Enrekang

BeritaNasional. ID, Enrekang – Kapolres Enrekang AKBP Endon Nurcahyo yang didampingi Kasat Binmas Polres Enrekang AKP Yulianus Te’dang, Melaksanakan tatap muka dan silaturahmi kepada para Bhabinkamtibmas Polres Enrekang, Senin 25 November 2019

“Bhabinkamtibmas adalah garda terdepan Polri dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban di masyarakat, serta bertanggung jawab akan permasalahan di Desa binaan,” ungkap AKBP Endon.

Di aula Wirapratama anggota Bhabinkamtibmas Polres Enrekang telah mendapatkan arahan dari Kapolres Enrekang Mengenai tugas dan fungsi Bhabinkamtibmas di Desa/Kampung.

Dalam arahannya AKBP Endon Nurcahyo, berharap agar tugas seorang Bhabinkamtibmas itu betul-betul di perhatikan dan di pedomani sesuai dengan apa yang telah di dapat dan diterima serta diterapkan ke masyarakat terutama terkait deteksi dini dan pencegahan berita hoax kepada masyarakat binaan.

“Sesuai dengan harapan Kapolri bahwa polri akan memusatkan kekuatan pada Bintara pembinaan dan keamanan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) dalam melakukan pendekatan terhadap masyarakat, berhubung hal tersebut sangat berguna untuk memberikan pandangan tentang betapa pentingnya rasa persatuan, sekaligus pendekatan ke masyarakat secara langsung,” ungkap AKBP Endon.

Dikatakan Endon, dengan adanya kehadiran selaku Bhabinkamtibmas, hal ini merupakan salah satu bentuk visi dan misi pak Kapolri yaitu promoter (profesional, modern dan terpercaya) maka diharapkan kehadirannya Bhabinkamtibmas di setiap kegiatan masyarakat, polisi harus menjadi solusi untuk permasalahan warga dan Bhabinkamtibmas dikedepankan untuk melakukan deteksi dini disetiap gangguan Kamtibmas.

Lanjut Kapolres Enrekang Endon mengatakan Bhabinkamtibmas adalah seorang pemimpin di Tingkat Desa maka seorang anggota Bhabin harus memiliki sifat melayani, mengayomi dan dapat menjadi solusi, Bhabinkamtibmas sebelum menyelesaikan permasalahan warga, terlebih dahulu harus memahami pokok permasalahan itu lebih dulu, kemudian pikirkan solusi yang terbaik dari permasalahan tersebut.

Masalah sebesar apapun bisa dapat diselesaikan oleh Bhabinkamtibmas, jika seorang Bhabin mempunyai pengaruh besar di Desa sehingga permasalahan dapat diselesaikan bersama warga dan Kepala Desa.

Untuk itu kata Kapolres Enrekang Endon ini akan selalu memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Bhabin dan kepada anggota yang berprestasi dan mempunyai Inovasi. (Risal Bakri)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button