TNI Dan Polri

Kunjungi Kegiatan Bimtek Yonif 407, Pangdam IV/Diponegoro Berikan Arahan Kepada Prajurit TNI

BeritaNasional.ID, Tegal – Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si mengunjungi kegiatan pembukaan bimbingan teknis (Bimtek) penguatan kompetisi dalam proses pembelajaran di kelas kepada personel TNI-AD pada satuan pendidikan di daerah terluar, tertinggal dan terdepan yang diselenggarakan di Satuan Yonif 407/Padmakusuma, Selasa (04/08/2020).

Kegiatan Bimtek (bimbingan teknis) dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka penyiapan (pembekalan) Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/Padmakusuma di wilayah Kalimantan Barat.

Dalam kunjungannya, Pangdam IV/Diponegoro beserta rombongan disambut oleh Danyonif 407/PK beserta segenap prajuritnya dengan iringan Drumband Canka Padmakusuma Yonif 407/PK, dan dilanjutkan dengan foto bersama serta penanaman pohon di halaman Mako Yonif 407/PK.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asops, Waasintel dan Waaster Kasdam IV/Dip, Danrem 071/Wijayakusuma, Danlanal Tegal, Komandan Brigif -4/DR Kolonel Inf Endar Setiyanto, Pabanda Siapsatsopsdam IV/Dip, Koordinator Pokja Publikasi Direktorat GTK Dikdas dan Kajari Kab. Tegal.

Selanjutnya, bertempat di lapangan Mako Yonif 407/PK, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari memberikan pengarahan kepada seluruh Prajurit yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK.
Dalam arahannya, mewakili seluruh jajaran Kodam IV/Dip, Pangdam IV/Diponegoro mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Dirjen GTK dan seluruh staf, para narasumber serta pengajar yang hadir di Yonif 407/PK atas kesediaanya, kerelaannya dan dedikasinya untuk memberikan bekal kepada prajurit yang akan bertugas di daerah perbatasan Kalimantan.

“Tentunya kita berharap, mudah-mudahan kegiatan ini benar benar memberikan manfaat yang besar tidak hanya untuk kita yang disini tetapi untuk masyarakat di daerah penugasan nantinya. Kepada seluruh instansi terkait yang juga mendukung kegiatan ini, dari pemerintah Kabupaten Tegal, jajaran Korem 071/Wk dan instansi lainnya kami juga berterimakasih yang tidak terhingga,” terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari amal ibadah yang diwujudkan dalam pengabdian kepada bangsa dan negara ini. Kegiatan ini bukan yang pertama, tahun yang lalu ada 4 Batalyon yang juga menerima pembekalan seperti ini, dan mereka telah mempraktekkannya di daerah operasi dan berhasil dengan sangat baik. Memang semua prajurit yang bertugas di perbatasan pada waktu-waktu sebelumnya juga telah berkiprah didalam membantu masyarakat, membantu pemerintah daerah dibidang pendidikan dengan bekal modal dasar masing-masing yang belum distandarkan.

Namun mulai tahun 2019, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Staf Teritorial Mabesad telah menyusun program untuk menstandarkan kemampuan prajurit yang akan terlibat di daerah operasi untuk berinteraksi dibidang bendidikan baik dengan anak-anak SD, SMP maupun tingkat pendidikan yang lain.

“Pada pembekalan ini, bayak hal pengetahuan ilmu yang akan diberikan oleh para narasumber dan pengajar dan saya melihat yang sudah lampau itu sangat menarik. Jadi ilmunya tidak sekedar seperti ilmu tentara, tetapi ada tehnik, cara dan prosedur ada pedoman-pedoman yang mungkin agak berbeda. Tetapi ini akan memperkaya diri kita masing-masing para prajurit didalam memberikan instruksi nantinya, tidak hanya kepada siswa-siswa daerah perbatasan tetapi ilmu yang diberikan bisa nanti diterapkan satuan ini. Pengetahuan ini tidak hanya terbatas untuk para unsur-unsur pimpinan, jadi untuk semuanya,” imbuhnya.

“Semua komponen bangsa harus mempunyai pemikiran bahwa mereka juga bertanggung jawab terhadap teritorial kita. Memang tugas yang diberikan kepada kita dalam menjaga kedaulatan negara, melindungi seluruh wilayah tanah air, itu tugas dibebankan kepada kita. Tapi kita ketahui, sistem pertahanan kita adalah sitem pertahanan kemaanan rakyat semesta sehingga beban yang diberikan kepada kita tidak dilaksanakan sendiri tetapi semesta bersama rakyat bersama semua kemampuan yang dimiliki oleh bangsa ini,” begitu pungkasnya.*

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close