DaerahJawa TimurProbolinggoSitubondo

Kunker Spesifik DPR RI Komisi VI, Nasim Khan Minta Tol Gending-Besuki Beroperasi Tahun 2024

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM – Kunjung Kerja (Kunker) Spesifik DPR RI Komisi VI, H.M. Nasim Khan berharap Tol Gending Kabupaten Probolinggo hingga Besuki Kabupaten Situbondo sudah beroperasi pada tahun 2024 mendatang, Senin (28/8/2023).

“Tol Gending, sudah dioperasikan secara fungsional tanpa tarif selama 19 hari, terhitung mulai 17 Agustus 2023 hingga 4 September 2023 mendatanh. Penetapan Pengoperasian Jalan Tol PasPro Seksi 4A ini sesuai dengan SK Menteri PUPR Nomor 871/KPTS/M/2023, Tanggal 31 Juli 2023,” jelas Nasim Khan.

Keberadaan Jalan Tol Trans Jawa diujung timur ini, kata Nasim Khan, diharapkan mampu memberikan manfaat dan kontribusi langsung bagi masyarakat, terutama dari sisi peningkatan potensi pertumbuhan ekonomi dan lain-lainnya.

Dihadapan Pejabat Eselon I Kementerian BUMN dan 10 Direktur Utama, Nasim Khan menekan agar Jalan Tol Gending – Besuki bisa beroperasi pada tahun 2024. “Hal ini sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat dan mendukung meningkatkan daya tarik sektor pariwisata di Jawa Timur. Sebab, lokasi jalan Tol Paspro yang strategis dapat mempermudah akses menuju sejumlah area pariwisata nasional, seperti Kawasan Strategis Wisata Ijen Geopark, Taman Nasional Baluran Situbondo dan wisata lainnya,” kata Nasim Khan.

Tak hanya itu yang disampaikan Nasim Khan dihadapan Pejabat Eselon I Kementerian BUMN dan 10 Direktur Utama dari PT. Adhi Karya, Waskita Karya, Jasa Marga, Waskita Toll Road, Brantas Abipraya, Trans Jawa Paspro Jalan Tol, Hutama Karya Infrastruktur, Nindya Karya, PP dan Wijaya Karya, namun Nasim Khan juga menjelaskan bahwa Jalan Tol Probolinggo Timur – Gending sepanjang 9,045 KM sudah selesai pembangunannya, secara tehnis sudah memenuhi syarat dan laik untuk dioperasikan.

“Saya ucapkan Selamat dan Sukses atas dioperasikannya Jalan Tol Probolinggo Timur – Gending. Semoga bermanfaat dan mempermudah akses masyarakat. Saya juga berharap pembebasan lahan dan pengerjaan Tol Kraksan lalu lanjut ke Paiton, Banyugelugur hingga Besuki Kabupaten Situbondo bisa selesai pada tahun 2024 mendatang,” tegas Nasim Khan wakil rakyat dari Dapil Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi tersebut.

Untuk pembebasan lahan, lanjut Nasim Khan, rencanannya tempat masih bisa berubah tergantung situasi dan kondisi wilayah pembebasan lahan tersebut. Masalah pembebasan lahan memang banyak baik dari fasilitas jalan perhutani dan lainnya. Namun, hal tersebut bukanlah halangan untuk menuntasan pembangunan jalan tol Gending – Besuki.

“Saya berpesan lahan masyarakat yang kena pembebasan agar pembayarannya aman. Adapun, saham terbesar dari jalan tol ini dari jasa marga bersama wijaya karya, waskita karya, nindya karya, brantas abi praya, juga ada swasta, dan lain lainnya,” pungkas Nasim Khan. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button