DaerahPolitikRagamSumateraSUMUT

Kurang Anggaran, Gedung Baru DPRD Kota Binjai Belum Miliki Lift

BeritaNasional.ID, Binjai –
Gedung baru DPRD Kota Binjai, dengan anggaran Rp 43 Miliar, ternyata belum dilengkapi fasilitas lift. Hal ini dikarenakan, gedung dengan tiga lantai yang sudah selesai dibangun tersebut masih kekurangan anggaran.

“Saya rasa dari awal memang tidak ada rencana untuk lift. Karena baru yang akan datang kita rencanakan lift,” kata Ketua DPRD Binjai, H Noor Sri Syah Alam Putra saat ditemui usai acara syukuran masuk gedung baru DPRD Binjai, di Jalan Veteran, Kecamatan Binjai Kota, Jum’at (07/01/2022) sore.

Dijelaskan Haji Kires (sapaan akrabnya) memang untuk saat ini dirasa belum perlu untuk menggunakan fasilitas lift di gedung tersebut. Karena hanya memiliki dua lantai utama ditambah satu lantai atas.

“Tapi mungkin kedepan perlu kita pikirkan untuk memasang fasilitas lift di gedung ini,” ujarnya.

Gedung DPRD Binjai yang baru selesai dibangun ini juga tidak dilengkapi sarana ataupun fasilitas jalan bagi penyandang disabilitas. Sehingga akses jalan masuk ke dalam gedung ini sangat tidak memungkin untuk dilalui orang berkebutuhan khusus.

Menanggapi itu, Kadis PUPR Kota Binjai, Elvi Kristina, ketika dikonfirmasi awak media, menjelaskan gedung ini memang dirancang untuk menunjang kinerja dan tugas kedewanan saja. Bukan gedung seperti Fasum (Fasilitas Umum) lainnya yang memang mengharuskan sarana untuk penyandang disabilitas.

“Tapi nanti kalau memang diharuskan akan kita rancang kembali untuk dibangunkan juga sarana bagi orang berkebutuhan khusus,” ucapnya.

Sedangkan untuk fasilitas lift, kata Elvi, pihaknya memang tidak ada memasukkan gambar rancangan pemasangan lift dalam pembangunan gedung DPRD yang baru. Hal ini dikarenakan kurangnya anggaran untuk pemasangan lift.

“Kalau memang sudah ada anggarannya, nanti pasti akan langsung kita pasang lift. Itupun kalau memang dibutuhkan,” sebutnya singkat. (bay)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button