DPRD Prov SulbarPolewali MandarSulawesi BaratSulbar

Kursi Panas DPRD Polman , Siapa Yang Bakal Menjabat

BeritaNasional.ID.POLMAN SULBAR — Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 telah usai. Lalu menjadi teka-teki  siapakah yang menduduki kursi Pimpinan DPRD Kabupaten Polman ?

Pimpinan DPRD Polman kali ini untuk periode  2024 – 2029 terdiri dari Ketua, Wakil Ketua I serta Wakil Ketua II. dan tentunya ketiadaan kursi wakil ketua III karena berkurangnya kursi dari 45 menjadi 40 Kursi  Anggota DPRD  Polman.

Jika  berdasarkan hasil rekapitulasi pada hasil  penghitungan surat suara KPU dan aturan peraih kursi, yakni suara terbanyak berhak menduduki jabatan pimpinan wakil rakyat tersebut.

Raihan suara dan jumlah kursi di DPRD Kabupaten Polman,  Kursi Ketua kembali diraih Partai Berlambang Pohon Beringin Golongan Karya (Golkar) mendapatkan 7 Kursi dengan perolehan  total  46.022 suara.

Disusul  kursi Wakil Ketua I Partai Besutan Surya Paloh Nasional Demokrat (Nasdem) juga mendapatkan 7 Kursi namun perbedaan selisih suara, yakni dengan perolehan  total 42.673. suara.

Kemudian Kursi Wakil Ketua II Partai Kebangkitan saya  Bangsa (PKB) mendapatkan 5 Kursi  dengan perolehan  total   27.753 suara.

Lalu siapa  legislatif terpilih  yang meraih perolehan  suara terbanyak di masing – masing Partai  peraih kursi unsur pimpinan ?

Dari Partai Golkar Agus Pranoto dengan perolehan 4.664 suara dari daerah pemilihan (Dapil) 4 Meliputi Kecamatan Wonomulyo, Bulo dan Mapilli. sekaligus menjadi perolehan suara terbanyak pada Pemilu 2024 DPRD Kabupaten Polman.

Agus Pranoto merupakan kader senior partai Golkar Kabupaten Polman terpilih  sebagai wakil rakyat untuk ketiga kalinya mulai dari periode 2014-2019, 2019-2024, dan Kembali terpilih pada periode 2024-2029, yang digelar secara serentak pada pemilu,  24 Februari 2024 lalu.

Pria bergelar strata 1 Ekonomi  kelahiran 28 Desember 1972 ini sebelum terpilih menjadi anggota DPRD, dirinya menjabat sebagai kepala Desa Sumberjo  periode 2007-2014, Kemudian Kembali terpilih untuk periode ke 2 sebagai kepala desa  namun hanya menjabat 3 bulan.

karena permintaan masyarakat menginginkan dirinya maju di DPRD Polman, Agus Pranoto memutuskan berhenti, kemudian memilih maju pemilu legislatif  dan terplih di periode pertamanya tahun 2014.

Selanjutnya, dari partai Nasdem Hj.Lisda dengan perolehan 4.472 suara dari daerah pemilihan (Dapil) 5 Meliputi Kecamatan Anreapi,  Matakali. Tapango dan Matangnga.

Diketahui Hj .Lisda juga merupakan anggota DPRD Polman  2 Periode , istri dari Irfan Fahri ketua Karang Taruna Polman yang juga berhasil melanggeng ke DPRD Prov Sulbar dan putri anggota DPRD Sulbar H. Hasanuddin.

Lalu dari Partai PKB H. Amiruddin dengan perolehan 3.747 suara yang memiliki dapil yang sama dengan anggota legislatif keterwakilan perempuan terpilih Hj. Lisda.

H. Amiruddin juga merupakan tokoh senior di Partai PKB Sekaligus Ketua DPC  Partai PKB  Kabupaten Polman.
.
Berdasarkan data, total Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Polman pada Pemilu 2024 yakni 352.667 Pemilih  yang tersebar di 16 kecamatan, 167 desa/kelurahan, dan di 1.356 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button