BondowosoDaerahJawa Timur

Lagi, Lahan Perhutani Bondowoso Terbakar

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Musim kemarau yang berkepanjangan membuat beberapa wilayah di Kabupaten Bondowoso mengalami kebakaran hutan dan lahan.

Seperti yang terjadi pada tanggal 06 September 2023, sekitar pukul 18.00 WIB, kebakaran terjadi di lahan Perhutani petak 106 RPH Pakisan BKPH Wonosari KPH Bondowoso. Lokasi kebakaran masuk dalam wilayah administratif Pemerintahan Desa Pakisan Kecamatan Tlogosari.

Kebakaran diketahui setelah petugas Keamanan Hutan Perhutani melakukan patroli dan melihat titik api di petak 106. Di petak tersebut ada tanaman pohon pinus dan rumput ilalang yang terbakar. Kemudian petugas menghubungi Polsek dan Camat Tlogosari untuk melakukan pemadaman secara manual bersama dan dibantu masyarakat.
Sekira pukul 21.00 WIB titik api sudah bisa di padamkan. Luas lahan yang terbakar kurang lebih 0,5 ha.

Terpantau di lokasi kebakaran, Kapolsek dan Camat Tlogosari, KRPH Pakisan, KSPT, Kanit Binmas, Intel, Reskrim dan masyarakat Tlogosari. Dalam pemadaman api yang dilakukan secara manual hingga titik api padam berlangsung lancar dan aman.

Kapolsek Tlogosari, Kafrawi membenarkan kebakaran hutan tersebut di wilayah kerjanya. Pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan pihak terkait setelah mendapatkan laporan dari petugas Perhutani untuk melakukan pemadaman.

“Alhamdulillah tidak ada korban dalam kebakaran tersebut. Kami bersama Camat, Petugas Perhutani, dan masyarakat melakukan pemadaman secara manual,” kata mantan Kasi Humas Polres Bondowoso ini, Kamis, 7/9 2023

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button