GorontaloRagam

Lantik PAC Muslimat NU Pinogu, Merlan Naik Ojek, Sempat Terjatuh, Jalan Harus Merangkak

BeritaNasional.ID, Bone Bolango – Sempat jatuh dari motor ojek dan dipaksa berjalan merangkak ketika melewati jalan di kaki bukit yang longsor dan berjurang harus dialami oleh Srikandi Bone Bolango, Merlan S. Uloli saat melakukan perjalanan menuju Kecamatan Pinogu untuk melantik Pengurus Anak Cabang (PAC) Muslimat Nahdhatul Ulama (NU) Kecamatan Pinogu, Selasa (15/11/2022).

Sebagai Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU, Merlan S. Uloli yang juga Wakil Bupati Bone Bolango ini tidak menginginkan kepengurusan organisasi yang dipimpinnya ini hanya action (bergerak) pada saat pelantikan pengurus di tingkat kabupaten saja, tetapi benar-benar roda organisasi ini bisa berjalan dengan maksimal hingga ke tingkat kecamatan.

Komitmen dan kesungguhannya dalam menjalankan amanah sebagai seorang pimpinan telah dibuktikan dengan perjuangannya menaklukkan terjalnya bukit dan ekstremnya jalan menuju Kecamatan yang cukup jauh dari pusat ibukota Kabupaten Bone Bolango itu.

Menempuh perjalanan selama 5 jam menuju Kecamatan Pinogu, tak membuat Sang Srikandi ini menyerah. Meskipun harus mempertaruhkan nyawa karena melewati jalan yang sangat berlumpur dan licin yang jika salah dalam berpijak, resikonya bisa terpeleset dan masuk ke dalam jurang.

Semua itu tak membuat Merlan mundur. Tekadnya begitu kuat untuk bisa mencapai Kecamatan Pinogu demi untuk bertemu dan melantik PAC Muslimat NU di Kecamatan Pinogu.

Saat melantik PAC Muslimat NU Kecamatan Pinogu, Merlan tidak hanya datang sendiri, tetapi Ia juga mengajak beberapa pengurus PC Muslimat NU Kabupaten Bone Bolango, meski harus mengeluarkan biaya sebesar 800 ribu rupiah setiap orang (pergi-pulang) untuk membayar sewa motor ojek agar bisa sampai di Kecamatan Pinogu.

Dalam sambutannya saat melantik PAC Muslimat NU Kecamatan Pinogu, Merlan menegaskan bahwa setelah pelantikan PC Muslimat NU di tingkat kabupaten, maka Dia harus melantik pengurus yang ada di tingkat kecamatan.

“PAC Muslimat NU Kecamatan Pinogu ini adalah kecamatan ke 16 yang saya lantik. Padahal Saya belum setahun dilantik sebagai Ketua PC Muslimat NU Bone Bolango,”ungkap Merlan dihadapan pengurus PAC Muslimat NU Kecamatan Pinogu dan masyarakat yang ikut menyaksikan prosesi pelantikan tersebut.

Merlan mengaku alasannya mau jadi Ketua PC Muslimat NU, karena hal ini seiring dengan program pemerintahan Hamim Pou dan Merlan Uloli (HPMU) dimana saat kampanye pada saat Pilkada pasangan HPMU sudah menjanjikan untuk dapat memberantas 10 ribu warga Bone Bolango yang buta huruf Alquran.

“Dengan kehadiran Muslimat NU ini, diharapkan menjadi perpanjangan tangan pemerintah daerah untuk bisa membentuk kelompok-kelompok majelis taklim dan mengajarkan Al Qur’an kepada kaum ibu maupun anak-anak.

“Apalagi di dana desa itu ada pos anggaran untuk pemberantasan buta huruf Al Qur’an.
Mudah-mudahan dengan adanya majelis taklim Muslimat NU ini, akan membawa harapan baru bagi semua kaum perempuan yang ada di Kecamatan Pinogu,”pungkasnya. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button