DaerahHukum & KriminalSumateraSUMUT

LPN Langkat-Kanwil Kemenkumham Sumut, Gelar Deteksi Dini Kantib

BeritaNasional.ID, Langkat – Terkait Kebakaran di Lapas Kelas I Tanggerang, yang mengakibatkan 15 orang Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) meninggal Dunia. Kebakaran terjadi Rabu Dini hari, diperkirakan karena korsleting listrik dikamar hunian WBP, akibat sambungan-sambungan kabel ilegal.

Untuk tidak terjadi hal kebaran yang sama, Lembaga Pemasyarakatan Narkotika (LPN) Kelas IIA Langkat, Kanwil Kemenkumham Sumut, Rabu (9/9/2021) melakukan kegiatan deteksi dini Keamanan dan ketertiban (Kantib) dikamar-kamar hunian dan tempat lainnya, sekaligus Inspeksi terhadap jaringan-jaringan listrik.

Informasi dirangkum awak Media ini, pihak Lapas Narkotika Kelas IIA Langkat ini, melakukan penertiban jaringan listrik yang tidak sesuai ketentuan. Ka Lapas juga memerintahkan petugas di Lapas agar berkoordinasi dan bekerjasama dengan PLN untuk inspeksi jaringan listrik, sekaligus restrukturisasi jaringan.

Pemeriksaan di kamar huniaan, juga menindak lanjuti intruksi Kakanwil Sumut, dengan tujuan melakukan deteksi dini, mengecek instalasi listrik, melakukan penertiban jaringan listrik yang tidak sesuai ketentuan.

Hal itu guna pencegahan terjadinya korsleting hubungan arus pendek pada blok hunian di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Langkat.

“Tadi kita melakukan penertiban jaringan listrik yang tidak sesuai ketentuan di Lapas Narkotika Kelas IIA Langkat, yang dilakukan oleh seluruh anggota Satops Patnal Serta Staf. Penertiban jaringan listrik dilakukan di Blok Hunian Lapas Narkotika Kelas IIA Langkat,” ungkap Kalapas Narkotika Kelas IIA Langkat, Alexander Lisman Putra, A.M.D, I.P, S.H, M.H.

Ka Lapas juga menghimbau keseluruh jajaran selalu meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan kontrol ke lingkungan blok hunian.

“Kita juga sudah memberi himbauan kepada seluruh warga binaan untuk saling menjaga kebersihan di blok hunian dan memperhatikan instalasi listrik guna keselamatan bersama. Kegiatan ini dilakukan guna mengantisipasi gangguan kamtib, terlepas kejadian di Lapas Tangerang yang terbakar abibat hubungan arus pendek,”ungkapnya.(Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button