Bone BolangoGorontaloWisata

Libatkan Tim Saber Pungli, Pemkab Bone Bolango Akan Sosialisasikan Retribusi Parkir di Lokasi Wisata

BeritaNasional.ID, BONE BOLANGO GORONTALO – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango akan mengoptimalkan pemberlakuan retribusi parkir di setiap lokasi wisata yang ada di Kabupaten Bone Bolango.

Retribusi parkir ini merupakan salah satu upaya Pemkab Bone Bolango dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

Wakil Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli mengungkapkan bahwa Pemerintah Daerah telah mengintervensi perbaikan berbagai sarana di objek wisata yang ada di daerah tersebut dengan membangun toilet hingga gazebo yang baru. Salah satunya di Objek Wisata Botutonuo di lorong 4 dan 5 sudah di intervensi dengan toilet dan gazebo. Sama halnya juga di Wisata Hiu Paus Botubarani hingga Pemandian Lombongo.

“Ini komitmen kita bersama untuk meningkatkan PAD. Makanya tadi kami panggil OPD terkait untuk pemberlakuan retribusi parkir yang ada di objek wisata,”ungkap Merlan saat diwawancarai awak media usai memimpin rapat optimalisasi pemanfaatan sapras wisata di kawasan wisata, Selasa (6/6/2023).

Rencananya, pemberlakuan retribusi ini akan didahului dengan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dengan melibatkan Tim Saber Pungli.

Orang nomor dua di Bone Bolango itu juga menambahkan penarikan retribusi parkir oleh masyarakat sekitar tempat wisata tersebut baik seribu atau satu rupiah pun itu tergolong pungli dan dapat membahayakan.

“Makanya akan kita dahului dengan sosialisasi oleh Tim Saber Pungli agar masyarakat bisa teredukasi bahwa selama ini penarikan retribusi (oleh masyarakat) tersebut masih ilegal,”tandasnya. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button