Jawa Timur

Luncurkan “Meteor”, Wali Kota Akan Bangun Gedung Command Center Terpadu

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Toni Harmanto hadir bersama dengan Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin, Kapolresta Probolinggo Wadi Sa’bani serta jajaran forkopimda dan kapolres daerah tetangga.

Dikatakan oleh Wali Kota Habib Hadi, dengan hadirnya aplikasi Meteor besutan Polres Probolinggo Kota ini akan menjamin terciptanya kamtibmas, khususnya untuk menunjang iklim investasi yang kondusif. “Peluncuran meteor ini sangat-sangat berarti untuk menjamin keamanan di bidang usaha, investasi, ini akan bisa menggairahkan investasi di wilayah Kota Probolinggo, warga merasa aman,” terangnya.

Nah, guna menyempurnakan layanan aplikasi meteor, dalam waktu dekat wali kota akan segera membangun gedung Command Center terpadu yang berada disamping kantor Wali Kota Probolinggo. Hal tersebut dibuktikan dengan penyerahan secara simbolis alat sekop kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (DPUPR Perkim) Setiorini Sayekti.

“Maka dari itu pemerintah berkomitmen membantu mensupport dengan akan membangun Command Center gabungan bersama TNI, Polri dan unsur lainnya, yang akan kita bangun di sebelah kantor wali kota, di depan Mako Pol PP, tentunya itu menjadikan titik utama pusat gabungan semuanya, 24 jam dalam mengantisipasi gangguan kamtibmas di wilayah Kota Probolinggo,” bebernya.

Diketahui, inovasi aplikasi meteor ini memiliki fitur bernama Security Alert System (SAS), yakni sistem peringatan keamanan obyek vital yang mengintegrasikan 3 layanan sekaligus. Yakni layanan panic button yang ada di aplikasi Mangga Manis milik kepolisian, berupa tombol panik yang dapat mengirimkan informasi atau pengaduan kepada Polres Probolinggo Kota.

Berikutnya, layanan Call Center 112 milik pemerintah kota, yakni panggilan bebas pulsa yang dapat diakses oleh masyarakat yang membutuhkan kehadiran petugas ketika mengalami gangguan atau ketertiban umum. Seperti kebakaran, gangguan jaringan listrik, air maupun pelayanan darurat berupa kebutuhan kendaraan ambulance dan lain sebagainya.

Selanjutnya, layanan Siab Maspro, merupakan sistem pemantauan kebencanaan alam berupa prakiraan cuaca, deteksi terhadap debit air sungai, ketinggian air laut, dan monitoring gempa yang terkoneksi dengan sistem BMKG tingkat provinsi dan nasional sehingga bisa memberikan early warning atau peringatan dini kepada masyarakat.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto menyampaikan harapannya mengenai penggunaan aplikasi Meteor ini supaya dapat dibarengi dengan kecepatan dan ketepatan petugas dalam penanganan laporan masyarakat. “Semoga ada kemudahan, semoga ada kecepatan dan yang terpenting adalah ketepatan dalam menangani setiap isu yang berkaitan dengan masalah harkamtibmas yang ada,” pesan Kapolda Jatim.

Agenda yang sekaligus berbarengan dengan penutupan Festival Pendalungan Tahun 2023 ini diawali dengan atraksi parade polisi cilik Kota Probolinggo serta hiburan tari tradisional.

***yul

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button