AsahanDaerahSumatera Utara

Mahasiswa Kelompok Satu KKN UNA Gelar Pertemuan Pembuatan Eco-enzyme

BeritaNasional.ID, ASAHAN SUMUT – Mahasiswa KKN Universitas Asahan Kelompok Satu di bawah bimbingan Dosen Intan Zahar SSi, MSi menggelar pertemuan dan penyuluhan tentang pengelolaan sampah dan pembuatan Eco-enzym kepada masyarakat Desa Banjar Kecamatan Air Joman Kabupaten Asahan, Selasa (08/08/2023).

Dalam pertemuan itu Intan Zahar SSi, MSi menyampaikan pengetahunan tentang Eco-enzym yang berguna untuk pupuk, pengharum ruangan, pengusir hama, dan penjernih air, serta membahas permasalahan penumpukan sampah yang cukup serius di Desa Banjar, Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatra Utara.

Menurut dosen pembimbing di Universitas Asahan ini, bila tidak ada upaya sejak dini terkait penanggulangannya, jumlah timbunan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) akan terus bertambah dan dapat mengurangi umur TPA itu sendiri dengan cepat.

“Kurangnya kesadaran dari masyarakat untuk melakukan pengolahan sampah mulai dari skala rumah tangga juga akan semakin memperburuk keadaan dan akan memperbesar jumlah sampah yang dihasilkan,” ujar Intan menjelaskan.

Sementara Fikri Munthe salah seorang mahasiswa UNA yang ikut dalam kegiatan itu menambahkan bahwa kesadaran masyarakat tentang hidup bersih dan teratur perlu terus ditumbuhkan mulai dari penanganan sampah skala rumah tangga maupun lingkungan dan desa.

Untuk mengubah kebiasaan membuang sampah menjadi mengelola sampah ini, kata Fikri, perlu upaya yang dimulai secara individual di setiap rumah. Untuk dapat menjaga lingkungan bersih bebas dari sampah salah satunya dengan mengubah kebiasaan membuang sampah menjadi mengolah sampah untuk dijadikan eco-enzyme mulai dari sampah rumah tangga.

“Pengolahan limbah Eco-enzyme adalah larutan zat organik kompleks yang diproduksi dari proses fermentasi sisa organik, gula, dan air. Eco-enzyme atau garbage enzyme merupakan larutan kompleks hasil fermentasi dari limbah organik seperti limbah buah dan sayuran dengan gula merah atau molase dan air dengan bantuan mikroorganisme selektif dari kelompok jamur dan bakteri selama 3 bulan,” ujarnya.

Usai penyampaian materi, Mahasiswa KKN UNA juga memberikan produk eco – enzyme yang sudah dibuat beserta leaflet yang berisi informasi seputar Eco – enzyme dan cara pembuatannya yang akan membantu warga dalam membuat produk tersebut secara mandiri.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button