AcehAdvedtorial

Mahasiswa KKN- PPN 27 Ajarkan Anak Anak Gampong Pulo Iboih Kerajinan Tangan Dari Botol Plastik Bekas

BERITANASIONAL.ID, Aceh Utara,- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Kelompok 27 Universitas Malikussaleh 2022 mengajarkan kerajinan tangan untuk anak-anak dari limbah plastik yaitu dengan memanfaatkan botol minuman bekas, Sabtu (12/11/2022)

Sebagian orang menganggap bahwa botol minuman bekas hanyalah sebuah sampah. Dengan demikian, barang tersebut langsung dibuang ke tempat sampah yang mana dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan dan peningkatan limbah plastik.

Solusi yang dapat dilakukan untuk mengurangi penggunaan limbah plastik yang terus meningkat yaitu dengan memanfaatkannya menjadi suatu kreativitas yang memiliki nilai keindahan.

Mahasiswa KKN – PPM Kelompok 27 memiliki program untuk mengajarkan anak-anak agar dapat membuat kerajinan tangan dengan memanfaatkan botol minuman bekas. Kerajinan yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat celengan. Kegiatan kerajinan tangan ini dilakukan di Gampong Pulo Iboih, Kec. Kuta Makmur, Kab. Aceh Utara,

Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat celengan ini sangat sederhana. Bahan tersebut seperti botol minuman bekas, gunting, lem, origami, spidol, dan kertas kado.

Sebelum dilakukannya pembuatan celengan mahasiswa KKN Kelompok 27 menyampaikan materi tentang bagaimana cara menabung dan bagaimana cara pembuatan celengan dengan botol plastik yang nantinya akan dihias oleh anak-anak, selanjutnya kegiatan pembuatan celengan ini akan dibimbing oleh mahasiswa KKN Kelompok 27.

Ketua kelompok KKN-PPM 27, Muhammad Haiqal Aulia mengatakan, dengan adanya kegiatan kerajinan tangan ini dapat meningkatkan kreativitas serta meningkatkan minat menabung anak-anak Gampong Pulo Iboih.

Kegiatan ini juga merupakan wadah bagi anak-anak dalam mengekspresikan karya mereka sendiri. Dalam kegiatan kali ini anak – anak sangat senang dan antusias dalam mengerjakan kerajinan tangan tersebut.

Dalam kegiatan ini dibantu oleh Mahasiswa KKN–PPM Kelompok 27 yaitu Muhammad Haiqal Aulia (Teknik Elektro), Gilang Ramadhan (Teknik Mesin), Rido Elvin Maidika (Agroekoteknologi), Muhammad ikbal (Ekonomi Syariah), Adli Muhammad Heryan Hafiz (Ilmu Komunikasi), Wanda Asmaul Husna dari (Akuntansi).

Mauliza Fitriani (Ekonomi Syariah), Miftahul Jannah (Manajemen), Putri Fadillah (Administrasi Bisnis), Siti Ardila (Administrasi Publik), Suci Lestari (Ilmu Komunikasi), Cut Titien Mauliza (Kedokteran), Tengku Siti Chairissa (Agribisnis), Erliza Ariani (Sistem Informasi), Leni Hariani (Teknik Industri), Meiliyana Putri (Teknik Sipil) yang dibimbing langsung oleh Ibu Sullaida, S.E.,M.M.(*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button