Eks Keresidenan Madiun

Makam Guru Besar IKS- PI Kera Sakti Dipindahkan di Padepokan Totong Kiemdarto Kabupaten Madiun

BeritaNasional.ID, Madiun – Makam guru besar perguruan silat IKS-PI (Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia) Kera Sakti, H.R Totong Kiemdarto dipindahkan dari Makam Sobrah Jalan Kutilang, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun menuju Padepokan IKS-PI di Desa Buduran, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, Rabu (19/10/ 2022)

Setelah diangkat dari makam, jenazah disemayamkan di kediaman H. R. Totong Kiemdarto di Jalan Merpati, Kecamatan Manguharjo. Setelah dilakukan serangkaian upacara termasuk doa hingga penghormatan, Kemudian jenazah  diberangkatkan menuju Padepokan IKS-PI Kera Sakti di Desa Buduran , Wonoasri

Ketua Umum IKS -PI Kera Sakti Drs Bambang Sunarja, MA mengatakan, ada sejumlah pertimbangan hingga akhirnya makam H. R. Totong Kiemdarto dipindahkan ke Padepokan IKS-PI.

Menurutnya , usulan tersebut datang saat sejumlah pengurus dari seluruh penjuru nusantara datang untuk rapat kerja di Padepokan IKS-PI di Desa Buduran.

“Kalau ada acara di padepokan, pasti mampir ziarah, saat itu melihat menurut kami kurang layak padahal kita mampu dan kebetulan ada tanah yang berdampingan dengan Padepokan tidak putus,” kata Bambang,

Menurut Bambang, pihak IKSPI tidak serta merta memindahkan makam H. R. Totong Kiemdarto. Pihaknya harus berkomunikasi terlebih dahulu dengan keluarga maupun saudara Totong Kiemdarto di kediaman Jalan Merpati.

“Awalnya ada yang kurang sepaham tapi setelah lama berjalan akhirnya saudara mendukung termasuk lingkungan mendukung,” jelas Bambang.

“Keluarga menyadari Pak Totong ini milik orang banyak, kalau menempatkan di tempat lebih bagus dipersilakan,” pungkasnya (ik/is)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button