Lumajang

MAN Lumajang Terus Mengukir Prestasi, Berikut 5 Progam Unggulannya Hingga Penghujung Tahun 2023

BeritaNasionl.ID LUMAJANG JATIM – Terus mengukir prestasi di MAN Lumajang tak semudah membalikkan tangan. Mengapa demikian, karena sebuah prestasi harus ada program yang di rencanakan, diorganisir, dilaksanakan dan di kontrol program tersebut. Itu semuanya tidak cukup, namun harus dilakukan evaluasi setiap program secara terencana dan terjadwal baik bersifat mingguan, bulanan.

Prestasi yang diraih tidak lepas dengan program yang di unggulkan madrasah, MAN Lumajang Ada 5 program unggulan yang dilaksanakan. diantaranya program unggulan furudhul ainiyah yang di dalamnya terdiri dari pembentukan akhlak karimah, pembinaan baca Al Qur’an dan pembinaan sholat. progam ini diharapkan siswa siswi MAN Lumajang lulus sudah akhlaknya baik, melaksanakan sholat dan membaca Al Qur’an lancar dan benar. 

Program unggulan kedua adalah Tahfidzul Qur’an, karena input siswa masuk ke MAN Lumajang dengan berbagai macam kompetensi termasuk siswa yang memiliki hafalan Al Quran. Maka program tahfidul Qur’an menjadi unggulan dan sudah memiliki Ma’had Jauharotul Kamal  putra putri dengan jumlah santri mukim 60 santri. Perjalanan program tahfid membawa perubahan luar biasa yang sekarang mengikuti program tahfid sebanyak 132 santri.

Program unggulan ketiga adalah Program SKS 2 dan 3 tahun, program SKS 2 sudah berjalan 5 angkatan dan outpun dari lulusan program SKS 2 tahun hampir 85 % lulus dan di terima PTN yang diharapkan. Program ini setiap jenjang tidak lebih dari 20 siswa. Semua program ini dilakukan dengan pelayanan maksimal dengan kreteria kemampuan akademik,  kemampuan IQ melalui psycotes yang dilakukan pihak ke tiga. 

Program unggulan ke empat adalah Program MA Plus Ketrampilan dengan SK dari GTK Kementerian Agama RI dengan program prodistik dan protabus. Program MA Plus Ketrampilan di MAN Lumajang kerja sama dengan ITS Surabaya, sudah berjalan 13 tahun. Kerjasama dengan Perguruan Tinggi bersama ITS Surabaya memberikan peluang besar MAN Lumajang lebih surveve dan terkenal dengan kemampuan yang dikuasai siswa, hal tersebut terbukti dengan prestasi yang diraih siswa baik tingkat kabupaten, Provinsi dan Nasional. 

Program unggulan terakhir ke lima adalah Program unggulan prestasi akademik dan non akademik. Prestasi Akademik dan non akademik tidak diragukan lagi bagi MAN Lumajang. Berbagai prestasi yang pernah di raih dan menjadi viral di tingkat kabupaten maupun propinsi adalah prestasi non akademik yakni Volly Ball dan Futsal. Prestasi  lainnya seperti yudo,  silat, bulu tangkis, lari, panahan,  catur, singer,  kaligrafi,  MHQ, Robotik, desain grafis,  video pendek. 

Prestasi akademik dan non akademik setiap bulan terpublikasikan dengan baik. Sehingga selama tahun 2023 prestasi yang diraih MAN Lumajang di tingkat Kabupaten juara 1 sebanyak 29 kejuaraan,  Juara 2 sebanyak 14 kejuaraan dan juara 3 sebanyak 9 kejuaraan.  Tingkat Propinsi juara 1 sebanyak 9 kejuaraan,  Juara 2 sebanyak 10 kejuaraan dan juara 3 sebanyak 8 kejuaraan. Tingkat Nasional juara 1 sebanyak 2 kejuaraan,  Juara 2 sebanyak 2 kejuaraan dan juara 3 sebanyak 5 kejuaraan. 

Edi Nanang Sofyan Hadi, S.Ag.M.Pd selaku Kepala MAN Lumajang merasa bangga atas prestasi yang diraih MAN Lumajang selama 1 tahun 2023. Keberhasilan prestasi tersebut tidak lepas peran tim work yang solid, kuat, tanggung jawab dan rasa kebersamaan yang kuat. ” Keberhasilan prestasi Karena Tim work yang kuat, bukan karena Kepala Madrasah” kata Kepala MAN Lumajang. 

“Prinsip dari Kepala MAN Lumajang adalah membangun madrasah dengan pelayanan maksimal  dan pelayanan prima. dengan tagline, Dari Madrasah Aliyah yang biasa biasa saja menuju madrasah yang luar biasa menuju kelas Internasional, madrasah mandiri prestasi dengan support semua stakeholder yang asa termasuk komite MAN Lumajang dan warga madrasah serta masyarakat Lumajang, Ini kado prestasi dipenghujung tahun 2023” , kepala MAN Lumajang berkata. (red/Rochim/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button