Maluku

Man Usman Bantah Tidak Pernah Memberikan Tanah 120 Hektar Ke Camat Weda Tengah

BeritaNasional.ID, Halmahera Timur – Pelaksana Tugas (PLT) Camat Wasile Selatan Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Maluku Utara, Man Usman membantah isu miring terkait dirinya yang telah menyerahkan tanah seluas 120 hektar yang berada di kawasan Kao Rahai, kepada Camat Weda Tengah, Kabupaten Haltim itu tidak benar, Sabtu (25/07/2020).

Kepada wartawan BeritaNasional.Id, Man Usman mengaku, dirinya tidak pernah menyerahkan tanah seluas 120 hektar ke Camat Weda Tengah dan apa yang dituding pada dirinya hingga berujung pada protes beberapa waktu lalu itu tidak benar, dirinya mencurigai ada oknum tertentu yang sengaja memprofokasi masyarakat sehingga terjadi demonstrasi.

“Saya klarifikasi kembali memang betul ada pertemuan awal bulan Agustus bersama Pak Riski Karim (Camat Weda Tengah), Pak Riki (Menejer Eksternal) dan Pak Marlon (Menejer Umum) dalam pembahasan itu saya tidak pernah mengatakan meberikan tanah ke Camat Weda Tengah, dan pertemuan itu bukan di hotel Amara tetapi di Restoran Royal,” jelas Man Usman.

Man Usman menjelaskan, dalam pertemuan tersebut pihak perusahaan menanyakan kira-kira apa yang menjadi tawaran yang paling penting agar supaya ada konstribusi pihak perusahaan terhadap masyarakat.

“Jadi saya tawarkan 3 hal ke pak Marlon yang pertama, tenaga kerja diprioritaskan putra daerah. Kedua, kantor perwakilan PT. WBN/IWIP harus ada di ibu kota Kecamatan Wasile Selatan. Dan yang tiga, membangun asrama Mahasiswa di Kota Ternate,”
tutur PLT Camat.

Meski begitu kata Man Usman belum ada kesepakatan terkait pembayaran tanah seluas 120 hektar seperti yang dituduhkan oleh masyarakat terhadapnya pasalnya, hutan tersebut masuk hutan lindung.

“Jadi belum ada bayang-bayang uang, waktu pertemuan dengan menejer dan Camat Weda Tengah, jadi kalau ada yang mengatakan saya telah menyerahkan dengan jelas tanah 120 hektar yang berlokasi di Kao Rahai kepada Camat Weda Tengah itu tidak benar saya tidak pernah melakukan itu,” bantah Man Usman.

Man Usman kembali menyampaikan, kepada seluruh masyarakat yang di empat desa khususnya wilayah Kecamatan Wasile Selatan jika ada isu-isu yang berkembang terkait persoalan tersebut agar di periksa kebenarannya dulu jangan terbakar jangut.

“Selaku PLT Camat saya sampaikan kepada seluruh masyarakat agar jangan gampang terprofokasi, dan kalau ada isu yang berkembang dimohon agar dikaji dan lacak kebenarannya,” harapnya. (Riski Ismail)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close