ACEH

Mantan Rektor IAIN Malikussaleh Dr. H. Hafifuddin, M. Ag Tutup Usia

BeritaNasional.ID | Lhokseumawe – Mantan Rektor IAIN Malikussaleh Dr. H. Hafifuddin, M. Ag tutup usia setalah mendapat perawatan yang diduga mengalami masalah jantung di Rumah Sakit Murni Teguh Medan, pada Rabu 7 September 2022 pukul 09:00 Wib.

Civitas Akademika IAIN Malikussaleh, Lhokseumwe, Aceh melalui medsos banyak mengucapkan belasungkawa atas wafatnya almarhum. Di antaranya Dr. M. Nazar, M.Hum yang merupakan dosen disalah satu Fakultas pada Universitas tersebut yang juga mantan Wakil Rektor III saat almarhum masih menjabat sabagai rektor priode 2017-2021 lalu.

“Telah meninggal dunia Dr. H. Hafifuddin, M. Ag, Mantan Rektor IAIN Malikussaleh Periode 2017-2021 dan Pimpinan Dayah Almuslimun, pada hari Rabu, 7 September 2022 pukul 09:00 WIB,” tulisnya di akun sosial media whatsapp, Rabu 7 September 2022.

Dr. H. Hafifuddin, M. Ag merupakan pria kelahiran Seunudon, 31 Desember 1965 adalah sosok Rektor yang dikenal bersahaja. IAIN Malikussaleh telah melakukan berbagai pengembangan lembaga dimasa almarhum menjabat rektor. Sejumlah prodi baru dibuka, UPT dan kelembagaan penunjang akademik (P2MP, Lemlit, LPM, dan PUSBA) diberdayakan.

Asrama atau Rusunawa mahasiswa Ma’had Aly juga rampung di bangun pada tahun 2020 lalu, serta masih banyak infrastruktur lainya yang berhasil dibangun seperti, Gedung Serbaguna, Gedung Biro Rektorat, dan beberapa Gedung Fakultas.

Adapun sekilas profil dan priode kepemimpinan almarhum Dr. H. Hafifuddin, M. Ag, yang langsir dari laman website iainlhokseumawe.ac.id, berdasrkan keputusan hasil rapat senat STAI Malikussaleh Lhokseumawe kala itu mengankat almarhum Drs. Hafifuddin untuk memimpin lembaga tersebut sejak periode 2001-2004 setelah sebelumnya masa kepemimpinan Drs. H. A. Muthalib Hasan berakhir pada bulan Juni 2001.

Pada masa kepemimpinannya, STAI Malikussaleh Lhokseumawe mulai melakukan berbagai persiapan dan pembenahan menuju penegerian. Tak lama berselang, ikhtiar tersebut pun membuahkan hasil dengan ditandatangani nya keputusan Presiden Indonesia ke lima yakni Megawati Soekarno Putri, Nomor 2 tentang Penegerian Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malikussaleh Lhokseumawe pada tanggal 5 Januari 2005.

Pasca penegerian institusi pendidikan tinggi Islam satu-satunya di kawasan tersebut, Drs. Hafifuddin, M.Ag kembali mendapatkan amanah melanjutkan estafet kepemimpinannya untuk periode 2006-2010. Kemudian, digantikan oleh Dr. Iskandar Budiman, M.CL sejak 2010 hingga Tahun 2013.

Selanjutnya, pada tahun 2014 dalam sebuah rapat senat STAIN Malikussaleh Lhokseumawe, Dr. Hafifuddin, M.Ag kembali terpilih sebagai Ketua STAIN Malikussaleh Lhokseumawe periode 2014-2018 setelah sela satu periode.

Namum belum sempat menghabiskan masa jabatan hingga tahun 2018, almarhum Dr. H. Hafifuddin bersama dengan para mujahid/aktifis kampus berhasil melakukan konversi status institusi ini menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe dengan terbitnya Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2016. Setelah peralihan status ke IAIN, Presiden Indonesia melalui Menteri Agama menunjuk Dr. Hafifuddin, M. Ag., melanjutkan amanah kepemimpinan untuk jangka waktu 2017-2021.

Saat ini jenazah almarhum sedang dalam perjalanan dari Medan ke rumah duka di Komplek Mutiara Indah, Desa Alu Awe. Dikabarkan, nantinya jenazah akan dimakamkan di kampung halamanya yakni di Seunudon, Kabupaten Aceh Utara.(*fadhil)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button