Wartawan BeritaNasional.ID Terdaftar Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
Daerah

Mece Marikes ” Bantuan Logistik Pengungsi Gempa Mamasa Baru PAC PKS Andi Waris Tala

image_pdf

Berita Nasional.id.Mamasa .Sulbar — Gempa yang berkekuatan 5,5 SR menambah kepanikan masyarakat kab Mamasa ini teelihat dengan bertambahnya jumlah pengungsi yang memadati lapangan Kesuma Sumarorong kab Mamasa , lapangan Kesuma Sumarorong mampu menampung sekitar 500 jiwa dan Namun Saat sekarang ini jumlah Pengungsi yang memasuki Wilayah Kecamatan Sumarorong sudah mencapai 3.786 jiwa termasuk Anak Anak, balita bahkan Beberapa Diantara Mereka Yang berusia Lanjut.

 

Menurut para Pengungsi yang baru saja Masuk di Wilayah kecamatan sumarorong terhitung malam ini pukul 20:00 wita,bahwa mereka Awalnya enggan meninggalkan Mamasa, Namun Gempa yang tidak kunjung berhenti membuat mereka semakin panik dan Memilih meninggalkan Mamasa. Data yang diperoleh dari Posko Penanganan Pengungsi sekitar 3.786 pengungsi telah Berada disumarorong yang tersebar di Berbagai Tempat diantaranya Kelurahan Tabone, Kelurahan Sumarorong, Desa Sasakan, Desa Tadisi.

 

Selain lapangan Kesuma dipadati oleh pengungsi sebahagian besar Pengungsi juga Untuk Sementara menginap di Rumah Keluarga yang dianggap Aman , salah satunya Rumah Andi Waris Tala seorang warga masyarakat kec Sumarorong juga dipenuhi pengungsi , jiwa sosial dan rasa keprihatinan melihat kondisi masyarakat Mamasa yang penuh kepanikan karena gempa yang beruntun sejak 5 hari terakhir .

Andi Waris Tala kepada media mengatakan Jumlah pengungsi Yang di tampung dikediamannya sebanyak 40 orang yang berasal dari Desa Taupe Kecamatan Mamasa. diantaranya 27 dewasa,10 balita dan 3 orang Lanjut Usia ,para Pengungsi terpaksa nginap dirumah kediamannya karena merasa hibah dan Kasihan melihat anak balita mereka. Jelasnya .

Sementara Kepala Seksi Pemerintahan Dan Penertiban kecamatan Sumarorong kepada JOIN menjelaskan bahwa pengungsi Gempa Mamasa untuk sementara ditempatkan di Lapangan Kesuma Sumarorong , Sekolah sekolah sekitar Kota Sumarorong, dan Rumah Warga. Soal penanganan pihak Tripika Telah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah khususnya BPBD. Dipilihnya Lapangan Kesuma Sumarorong sebagai titik penampungan Pengungsi sebab Lapangan Kesuma Berdekatan dengan Fasilitas Umum seperti Puskesmas, Pasar serta Fasilitas Lainnya Mece Marikes , S.Pd,MM lebih lanjut Mece mengatakan Proses Penanganan Pengungsi berjalan Normal dan Lancar karena Seluruh Elemen Terlibat langsung dalam Proses penanganan. Mece juga Menyampaikan Permintaan Maaf pasalnya penanganan Dihari Pertama kepada Segenap Pengungsi belum sepenuhnya berjalan sesuai harapan disebabkan karena penataan tempat bersifat dadakan namun dapat dipastikan bahwa kondisi hari pertama tidak lagi seperti hari hari berikutnya , disinggung soal Logistik Para Pengungsi, Mece menjelaskan bahwa Logistik Berupa Makanan yang ada di posko masih sangat terbatas bantuan yang masuk untuk sementara berasal dari Masyarakat Sekitar diantaranya Dari PAC.PKS kec.Sumarorong Berupa Mie Instan,Air Mineral dan Biscuit. (* ).

Show More

Related Articles

Close