AcehDaerah

Melihat Tari Ranup Lampuan di RPIA Medco

BeritaNasional.ID, ACEH TIMUR — Anak-anak atau pelajar di Kecamatan Indra Makmu, Kabupaten Aceh Timur sangat antusias mengasah keterampilannya dengan memanfaatkan sarana Rumah Pemberdayaan Ibu dan Anak (RPIA) milik PT Medco E&P Malaka, tepatnya di Desa Blang Nisam, Kecamatan setempat.

Terlihat sejumlah anak sedang belajar tarian tradisional Aceh di ruang RPIA yang dipandu langsung oleh fasilitator dari Perusahaan yang direkrut dari warga setempat.

Kekompakan gerakan para anak ini terlihat sangat mahir saat berlatih tarian ‘Ranup Lampuan’ yang merupakan salah satu tarian tradisional Aceh yang sering digunakan saat menyambut tamu-tamu penting pemerintah Aceh atau daerah.

Tarian Ranup Lampuan ini juga sering digunakan pada saat resepsi pernikahan untuk menyambut kedatangan pengantin perempuan atau lelaki.

Tika, salah salah satu fasilitator RPIA mengatakan, selain melatih keterampilan bagi anak, RPIA ini juga mengajarkan anak membaca, menghitung dan menulis.

Selain itu, juga melatih para anak belajar komputer dan bahasa inggris.

“Biasanya setelah pulang sekolah setengah hari sore para anak dari berbagai Desa datang ke RPIA ini untuk belajar” jelas Tika.

Menurutnya, keberadaan RPIA sengaja diadakan oleh Medco untuk pemberdayaan Ibu dan Anak di sekitar perusahaan.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button