Ragam

Melirik Kampung Gersang Di Kabupaten Garut, Kini Menjadi Penuh Warna Yang Sangat Indah

Garut, Beritanasional.ID – Ada beberapa Warga di RW 08 Kampung Kaum Lebak, Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut Kota, Garut, Jawa – Barat, menyulap pemukimannya menjadi penuh warna. Tembok-tembok di kampung ini diwarnai dengan beragam warna.

Pemandangan baru itu mulai terlihat sejak beberapa tahun terakhir. Warga setempat sengaja mewarnai tembok rumah hingga tembok gang menuju kampung.

Hal itu dilakukan untuk menghilangkan kesan kumuh yang biasanya melekat di pemukiman yang padat penduduk seperti halnya yang ada di Kampung Kaum Lebak.

Ide itu muncul sejak dulu yang pada saat itu ketua RW 08 Endang Kurnia dan ia mengecat tembok rumahnya dengan warna-warni. Hal tersebut kemudian diterapkan di rumah-rumah warga yang lainnya.

“Idenya muncul dari eco village, di mana, warga bisa mengelola lingkungannya. Awalnya cuman tembok rumah saya yang mereka cat, kemudian warga lain mengikuti,” kata salah seorang warga bernama Yanto ( 40 ) kepada Beritanasional.ID Minggu, ( 17/7 ).

Tak cuma diwarnai dengan cat beragam warna. Di gang sepanjang 300 meter yang merupakan akses menuju perkampungan, warga juga mewarnainya dengan berbagai motif-motif yang sangat indah.

“Waktu itu kami cat secara swadaya. Intinya ini keinginan seluruh warga,” ujar Yanto.

Sedangkan, keberadaan kampung Kaum Lebak ini terletak di pusat perkotaan Garut. Selain menjadi pusat keramaian, banyaknya kendaraan yang melintas juga membuat kampung di pusat perkotaan menjadi gersang.

Warga Kampung Kaum Lebak rencananya akan mengecat seluruh pemukiman di kampung ini.

“Ya supaya enak dipandang. Gang juga jadi bersih dan tidak ada kesan kumuh,” pungkas Yanto. ( Diky )
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button