HeadlineNasional

Memperingati HDKD, Ditjenpas dan Kanwil Banten Gelar Baksos di Daerah Terpencil

BeritaNasional.ID, Banten – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) bersama Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Banten mengadakan Bakti Sosial (Baksos) di Desa Cinangka, Banten pada Minggu (24/7/2022). Baksos diselenggarakan dalan rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-77 Kemenkumham Tahun 2022, yang dikemas dalam Touring Kumham Peduli Daerah Terpencil. Touring diikuti oleh 170 orang terdiri dari Persatuan Trail Adventure Pengayoman (PTAP) Pusat dan PTAP Wilayah Banten.

“Giat Baksos ini diselenggarakan sebagai bentuk kehadiran serta kepedulian Ditjenpas dan Kanwil Kemenkumham Banten kepada masyarakat sekitar,” ujar Sekretaris Ditjenpas (Sesditjenpas) Kemenkumham RI, Heni Yuwono dalam siaran tertulis yang diterima beritanasional.id, Minggu (24/7/2022).

Pada kesempatan tersebut, Sesditjenpas menyambangi penerima Baksos langsung di kediaman masing-masing. Sesditjenpas melakukan perbincangan singkat serta mendengar langsung pendapat serta keluhan mereka.

Menyerap kebutuhan masyarakat penerima manfaat Baksos, giat yang dilakukan adalah pemberian donasi, pemberian kebutuhan sarana air bersih, pembangunan sarana ibadah, pemberian alat-alat kesehatan.

Selain melibatkan Kanwil Kemenkumham Banten, Baksos juga melibatkan Forkopimda serta pihak terkait. Hal ini menjadi bukti bahwa Kemenkumham bersinergi dengan pihak-pihak terkait dalam melaksanakan program-program kerjanya.

Selain itu, giat Baksos ini juga melibatkan 2.500 pegawai Kemenkumham, dilaksanakan terpusat bersama Kanwil Kemenkumham Banten.

Sebelumnya, Baksos diawali dengan peresmian Mushola di Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang. Pada peresmian Mushola Al-Ikhlas di Lapas Pemuda Tangerang, Sesditjenpas Heni Yuwono mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi pembangunan Mushola tersebut.

“Saya mengapresiasi terlaksananya pembangunan Mushola Al-Ikhlas yang merupakan sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta sebagai pusat kegiatan umat Islam,” tambah Heni.

Diharapkan keberadaan Mushola ini dapat menyebarkan nilai-nilai persatuan, kesatuan, persaudaraan dan kerukunan umat. Pusat kebudayaan serta pengetahuan kajian ilmu Islam.

“Bukan hanya mendirikan saja, namun tanggungjawab kita bersama untuk memakmurkan Mushola Al-Ikhlas,” sambungnya. (Reza/*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button