Jawa Timur

Mempermudah Pelayanan Pembuatan e-KTP, Dispendukcapil Sampang Lakukan Perekaman ke Desa

BeritaNasional.ID.Sampang – Pemerintah Kabupaten Sampang melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) melakukan perekaman e-KTP dengan mendatangi ke Desa.Cara tersebut untuk mempermudah pelayanan pembuatan e-KTP tanpa datang ke kantor Dispendukcapil.

Dengan menggunakan mobil Keliling agar masyarakat yang belum sempat membuat e-KTP dapat memiliki, terutama bagi orang yang sudah lanjut usia (Lansia).

Seperti yang dilakukan perekaman e-KTP di Desa Panyepen, masyarakat antusias melakukan perekaman e-KTP termasuk orang yang sudah lanjut usia (Lansia).

Pantauan media ini dilapangan, puluhan masyarakat baik dari remaja,orang dewasa dan orang yang sudah lanjut usia antusias mendatangi perekaman e-KTP yang bertempat di Balai Desa Panyepen Kecamatan Jrengik, Sampang Madura, Rabu (20/7/2022).

Choiriyah selaku Penjabat (Pj) Kepala Desa Panyepen menuturkan, kita selaku Pj Kepala Desa Panyepen hanya memfasilitasi para lansia yang ada di Desa kami ,agar tidak bersusah payah untuk melakukan perekaman e-KTP di Kecamatan.Sebab ,kalau para lansia pergi ke Kecamatan dengan melakukan perekaman e-KTP kita merasa kasihan juga.

” Jadi kita memfasilitasi agar memudahkan para lansia di Desa kami untuk mendapatkan e-KTP dan melakukan perekaman di Desa, tuturnya.

Lanjut Choiriyah, artinya lebih baik kita jemput bola dari pada susah susah datang ke Kantor Kecamatan.Hal ini untuk memudahkan para lansia agar mereka mempunyai e-KTP, dan itupun termasuk salah satu dari Inovasi Desa kami yaitu Pelayanan Utama Perekaman e-KTP Bagi Lansia (Pelaut Perkasa),ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sampang Nur Alam mengatakan, Pelayanan dengan sistem mendatangi ke Desa  dengan tujuan untuk mendekatkan serta mempercepat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil dengan cara mendatangi masyarakat dan melaksanakan pelayanan di tempat.

” Dengan adanya layanan seperti ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang berdomisili jauh,atau tidak memiliki kemampuan mendatangi kantor Dispendukcapil,ucapnya. (Zahrudin)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button