Nasional

Mendagri Apresiasi Produksi Kapsul Daun Kelor di Palu

BeritaNasional.ID, Palu – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian yang melaksanakan agenda untuk melihat kesiapan Pilkada Serentak dan memberikan pengarahan kepada Gugus Tugas Covid-19 Tahun 2020 di Provinsi Sulawesi Tengah. Pada kesempatan yang sama, Mendagri setelah menunaikan ibadah Shalat Jumat di Masjid Al Mujahidin di Komplek Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, menyempatkan diri untuk sekadar melihat hasil budidaya tanaman Kelor yang menjadi salah satu komoditi pertanian yang dapat dibanggakan.

Dalam kunjungannya pada Jumat (17/07/2020) itu, Mendagri melihat budidaya daun kelor yang telah diubah dan diproduksi menjadi kapsul.

“Ini kreatif ya, selain bisa dikonsumsi seperti biasa, dengan dibuatkan kapsulnya seperti ini, lebih memudahkan untuk mengkonsumsinya,” kata Mendagri.

Dengan keberlimpahan tanaman Kelor yang ada di Kota Palu tersebut, para petani dapat menciptakan peluang dengan mengolah daun kelor menjadi produk yang dapat dibanggakan.

“Daun kelor yang melimpah ini bisa dijadikan peluang bisnis untuk para petani yang lebih menghasilkan, dengan dibuat kapsul, bisa lebih memudahkan untuk dijual ke berbagai daerah,” ujarnya.

Tanaman kelor dengan nama latin Moringa Oleifera merupakan salah satu jenis tanaman tropis yang sudah tumbuh dan berkembang di daerah tropis seperti Indonesia. Mengutip Jurnal yang diterbitkan Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Makassar yang berjudul “Ragam Manfaat Tanaman Kelor (Moringa oleifera lamk.) bagi Masyarakat”, sebagai tanaman herbal sekaligus sumber nutrisi, tanaman kelor dapat dibudidayakan di lahan pekarangan untuk konsumsi sehari-hari. Bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, tetapi juga untuk tindakan pencegahan dan pengobatan penyakit tertentu.

“Manfaatnya juga banyak untuk kesehatan, jadi ini bisa menjadi sumber vitamin dan pengobatan herbal penyakit tertentu,” kata Mendagri. (Rls/Br)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close