Nasional

Mendagri Serahkan Bantuan Dari Lembaga Kemanusiaan Singapura Kepada Indonesia

BeritaNasional.ID, Jakarta- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof. H. M. Tito Karnavian,Ph.D., menyerahkan bantuan secara simbolis dari Dari Lembaga Kemanusiaan Singapura Kepada Indonesia. Adapun sumber bantuan itu didapat dari Humanity Matters, Singapore dan International Multi Cultural Organization, Singapore dengan bantuan total mencapai 91.950 SGD / Rp. 1.015.807.109.

Bantuan itu diserahkan Mendagri kepada Nahdlatul Ulama yang diwakili Ali Yusuf (Head, Disaster Management), RS. Hasanah Graha Afiah yang diwakili Saggaf Salim S. Alatas, M.Sc (Wakil Direktur RS), dan RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo yang diwakili Dr. Ananto PH, MKK (Kepala Bagian Pemasaran). Penyerahan dilakukan di Gedung A Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta Pusat, Kamis (16/04/2020).

“Bantuan ini didapat dari rekan-rekan dari Singapura, yaitu dari lembaga kemanusiaan, NGO di Singapura, Humanity Matters Singapore, yang kedua adalah International Multi Cultural Organization Singapore, yang juga didukung oleh pemerintah Singapore, total ada 107 kardus yang saat ini sudah diterimakan kepada kita melalui penerbangan kemarin sore dengan total jumlah nilai sumbangan 91,950 SGD, kemudian isi bantuannya ada yang dalam bentuk surgical mask, masker untuk bedah, surgical gloves, sarung tangan, dan lain sebagianya,” kata Mendagri.

Adapun total bantuan sebagaimana dimaksud berjumlah 91.950 SGD / Rp, 1.015.807.109 ini didapat daam bentuk bantuan Surgical Masks (90.000 pcs); Sterile Surgical Gloves (7.900 pcs); Surgical Gowns (3000 pcs); Vitamin C (130.000 pcs); Non-Contact Infrared Thermometers (140 pcs).

“Untuk Nahdatul Ulama sebanyak 87 kardus yang diterimakan oleh bapak Ali Yusuf, Kepala Manajemen Bencana NU, kemudian Rumah Sakit Umum Cipto Mangunkusumo 10 kardus nanti diterimakan oleh bapak dr. Ananto, Kepala Bagian Pemasaran Dan Humas, yang ketiga adalah Rumah Sakit Hasanah Graha Afiah ini 10 kardus yang nanti akan diterimakan oleh Bapak Sangap Salim Wakil Direktur Rumah Sakit,” jelas Mendgari.

Bantuan ini merupakan bantuan gelombang kedua yang diiterima dari Humanity matters setelah sebelumnya lembaga tersebut telah memberikan bantuan pada saat bencana banjir berupa alat untuk penjernih dan pemurnian air. Nantinya, lembaga-lembaga dari Singapura ini juga akan emnyamaikan bantuan berikutnya, namun hal ini masih akan dibicarakan lebih lanjut terutama dengan Pemerintah Singapura.

“Jadi pada kesempatan yang baik ini, atas nama pemerintah Indonesia selaku Mendagri saya mengucapkan terimakasih banyak kepada lembaga-lemabga yang membantu Humanity matters, International Multi Cultural Organization Singapore, dan tentunya juga Pemerintah Singapore, ini akan meningkatkan kerjasama yang baik, solidaritas antar Singapura dan Indonesia, kita harapkan di tengah situasi yang sulit ini kita seakin menjaga hubungan baik dan kesetiakawanan antar bangsa,” pungkasnya.(Rls/BR)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close