Nasional

Mendagri Tito Usul Pengelolaan Dana Desa Berbasis IT

BeritaNasional.ID, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bertemu dengan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar. Pertemuan digelar secara tertutup di ruang kerja Tito di Gedung A Kemendagri, Jakarta, Jum’at 15 November 2019.

Dalam pertemuan itu, pembinaan dan pendampingan dana Desa menjadi salah satu poin pembahasan. Peningkatan pengelolaan dana Desa berbasis informasi dan teknologi menjadi usulan Tito Karnavian selaku Mendagri.

“Kami menyimpulkan perlu dilakukan pembinaan dan pendamping dana Desa terutama peningkatan pengelolaan dana Desa berbasis IT. Nantinya bagi Desa yang serapannya rendah maka Kemdes (Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi) akan melapor ke Kemdagri, agar dilakukan pembinaan,” ucap Tito sebagai mana yang dirilis liputan6.

Tito menilai dana Desa mempunyai peranan penting dalam proritas skala pembangunan nasional.

“Dana Desa memiliki peran besar dalam Program Prioritas Nasional Presiden Jokowi (Joko Widodo). Nah, pertemuan tadi dalam rangka membahas optimalisasi pemanfaatan dana Desa. Kita tahu, masih banyak permasalahan dana Desa yang memerlukan sinergi antara kementerian maupun lembaga,”kata Tito

Dalam pertemuan tersebut Mendagri didampingi Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemdagri, Nata Irawan. Sementara Mendes hadir beserta Sekretaris Jenderal Kemdes Anwar Sanusi, Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Taufik Madjid, dan Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Perdesaan, Harlina Sulistyorini.(net)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button