AcehDaerah

Menelusuri Jejak Akidi Tio di Aceh Penyumbang Uang Rp 2 Triliun

BeritaNasional.id, LANGSA — Nama almarhum Akidi Tio menjadi sorotan publik setelah pihak keluarga memberikan bantuan untuk penanganan Covid-19 di Sumatra Selatan sebesar dua triliun rupiah (2 T), Minggu (01/08/2021).

Bantuan penanganan tersebut tak terlepas dari peran Kapolda Sumatra Selatan (Sumsel) yang merupakan taman dekat dengan Almarhum Akidi Tio.

Saat itu Kapolda Sumsel berdinas di Kota Langsa, Provinsi Aceh, sangat akrab dengan Almarhum yang dikenal sosok yang dermawan yang dulunya adalah pemilik salah satu kedai kopi di Langsa.

Lantas siapa sebenarnya sosok Akidi Tio?, tak banyak yang mengetahui siapa Akidi Tio.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, Akidi Tio lahir di Kota Langsa, Provinsi Aceh, ia disebut merantau, namun anak-anaknya masih tinggal di Kota Langsa.

Anak tertuanya bernama Ahok, disebut pernah memiliki sebuah usaha pabrik limun yang berlokasi di Desa Blang Senibong, kecamatan Langsa Kota.

Marlina, salah satu tetangga keluarga Akidi Tio di Kota Langsa mengaku kenal baik dengan keluarga anaknya, yaitu Ahok.

Menurutnya, yang dulunya dijadikan tempat pabrik limun kini telah di beli oleh suaminya.

“kami beli karena orangnya sudah pindah ke medan, anaknya itu teman suami saya, orang baik dengan masyarakat dan suka menolong” ungkap Marliana.

Sementara itu salah seorang lainnya, Samsul yang juga PLT Keluarga Paguyuban Sosial Marga Tionghua Kota Langsa mengatakan, tahun 1976 Alkidi Tio sudah merantau, namun sumua anak-anaknya masih tinggal di Kota Langsa.

Ia memiliki beberapa anak yang semuanya lahir di Kota Langsa, diantaranya Ahok, Pau Luk, Aguan, Pau Cen dan Ahong.

Almarhum Alkidi Tio disebut merupakan pengesaha sukses asal Kota Langsa, beliau meninggal dunia pada tahun 2009 lalu, dan meningalkan tujuh orang anak.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button