Kalimantan Barat

Menelusuri Jejak Sejarah, Kapolres Sekadau Kunjungi Situs Batu Bertulis Nanga Mahap

BeritaNasional.ID, SEKADAU KALBAR – Kapolres Sekadau AKBP I Nyoman Sudama didampingi Kapolsek Nanga Mahap IPDA Eric Ibrahim Pattimura menapaki jejak sejarah dengan mengunjungi Situs Batu Bertulis di Dusun Pait, Desa Sebabas, Kecamatan Nanga Mahap, Sabtu (23/3/2024).

Cagar budaya nasional ini menyimpan pesona magis dengan ukiran kuno yang masih menjadi misteri hingga saat ini. Misteri tersebut adalah sebuah situs peninggalan sejarah pada abad 7 masehi silam.

Batu dengan panjang 5,10 meter dan tinggi bervariasi ini memancarkan aura mistis. Ukiran-ukiran seperti tulisan belum terpecahkan maknanya mengundang rasa penasaran dan decak kagum. Kapolres Sekadau, AKBP Nyoman Sudama, terkesan dengan kemegahan situs ini.

“Situs Batu Bertulis ini merupakan aset sejarah yang sangat berharga bagi Kabupaten Sekadau. Kita harus terus menjaga dan melestarikannya,” ujar Kapolres AKBP Nyoman Sudama.

Kapolres berharap agar situs ini dapat dioptimalkan potensinya sebagai objek wisata edukasi dan budaya.

“Ke depannya, kita perlu bersinergi dengan berbagai pihak untuk mengembangkan situs ini. Kita ingin Batu Bertulis tidak hanya menjadi tempat wisata sejarah, tetapi juga menjadi pusat edukasi dan penelitian budaya,” harapnya.

Kunjungan Kapolres Sekadau ini disambut hangat oleh warga setempat. Keakraban terjalin saat Kapolres menyapa anak-anak di sekitar situs. Keceriaan mereka menjadi bukti bahwa situs sejarah ini bukan hanya milik masa lalu, tetapi juga bagian dari masa depan generasi muda.

Kapolres sangat mendukung upaya pelestarian dan pengembangan Situs Batu Bertulis untuk menjaga warisan budaya bangsa. Semangat diharapkan dapat membuka lembaran baru bagi situs bersejarah ini, mengantarkannya menjadi destinasi wisata edukasi yang gemilang dan membanggakan. (Aji/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button