HeadlineKemendagriMakassar

Menguat .DPP PDIP Perintahkan DPD Usulkan Rivai Ras Jadi Pj Gubernur Sulsel

BeriraNasional.ID. MAKASSAR SULSEL –Dorongan terhadap Laksma TNI Abdul Rivai Ras untuk menjabat Pj Gubernur Sulsel terus menguat.

Staf Ahli Kemenko Polhukam RI Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman itu dianggap ideal melanjutkan kepemimpinan Sulsel menggantikan Andi Sudirman Sulaiman. Pasalnya, menjelang Pemilu 2024 mendatang suhu politik semakin mamanas, sehingga tidak saja sekedar butuh kemampuan tata kelola pemerintahan daerah secara umum. Dilansir heral.id.

Namun diperlukan juga kemampuan spesifik memahami politik keamanan dalam mengawal demokrasi dan menopang stabilitas nasional.

Kali ini, dorongan datang dari DPP PDIP yang memerintahkan DPDnya bersama-sama dengan partai lainnya melalui fraksi masing-masing untuk memberikan penguatan kepada salah satu putra daerah terbaiknya yang memiliki kapasitas itu, yakni Abdul Rivai Ras yang dinilai dekat dengan mayoritas elemen masyarakat dan diterima sebagai figur yang cukup memiliki akseptabilitas tinggi di Sulsel.

Seperti yang disampaikan oleh Mohammad Anas RA selaku Direktur Eksekutif FIXPOLL Indonesia. Menurutnya, Rivai Ras yang akrab disapa Bro Rivai dapat diterima semua golongan di daerah ini. Sehingga mudah dalam menyelesaikan persoalan yang akan muncul ke depan.

Mantan Ketua Umum Forum Mahasiswa Pascasarjana Universitas Hasanuddin itu mengatakan, Bro Rivai memiliki bobot yang kualifikasinya memenuhi syarat kultural kepemimpinan masyarakat Sulsel. Kualifikasi dimaksud yaitu kepemimpinan tegas dan berani yang terbentuk dari lingkungan kerjanya di institusi militer.

“Beliau putra daerah yang memahami iklim politik lokal, sehingga bisa melakukan tindakan dan kebijakan yang strategis untuk menciptakan suasana aman dan tenteram menjelang pemilu serentak 2024 nanti,” papar Aan, sapaan karibnya. Berikutnya

Aan menambahkan, mantan Staf Ahli Panglima TNI tersebut merupakan sosok manusia three in one yakni akademisi, militer, dan aktivis.

“Kita berharap ada pembangunan yang berkelanjutan. Nah, dibutuhkan sosok PJ Gubernur SulSel ke depan mampu menyelesaikan program pembangunan yang digagas Gubernur Andi Sudirman Sulaiman yang belum tuntas dan sosoknya diterima semua golongan. Itu ada pada diri Bro Rivai,” ungkapnya.

Sementara itu, politisi senior PDIP asal Sulsel Prof Hamka Haq yang juga salah satu ketua DPP PDIP megatakan Rivai Ras adalah salah satu representasi putra Sulsel terbaik yang ada di pusat serta mempunyai komunikasi politik yang baik dengan masyarakat daerah di Sulsel. Karena itu, menjadi pertimbangan bagi PDIP dalam mendorong Bro Rivai ke depan.

Bro Rivai itu adalah perwira tinggi militer yang juga akademisi dan dekat dengan semua kalangan karena murid-muridnya di Unhan banyak juga dari kalangan birokrat dan politisi, termasuk Mas Sekjen PDIP Hasto Kristyanto sehingga mudah dalam interaksinya,”imbuhnya.

Lanjut Hamka Haq , Bro Rivai juga salah satu bagian penting yang ikut mengembangkan riset geopolitik Bung Karno. Tak hanya itu, Bro Rivai disamping tugasnya di lingkungan TNI yang kini sebagai Staf Ahli Menkopolhukam, ia juga dosen Universitas Pertahanan bersama-sama dengan Mas Hasto Kristyanto.

Ketua DPP PDI Perjuangan ini mendukung sepenuhnya. Bro Rivai, di matanya adalah sosok yang tepat menjabat Gubernur Sulsel hingga 2024 mendatang. “Sangat mantap sesuai harapan,” puji Hamka Haq. Senada disampaikan Sekretaris PDIP Perjuangan Sulawesi Selatan, Rudi Peter Gony (RPG). Saat ditanya bagaimana tanggapan soal isu PJ Gubernur di Sulsel, pihaknya mengaku akan sejalan dengan arahan dari pimpinan pusat.“Kami tegak lurus dengan arahan DPP PDIP. Tentu kami patuh dan mengikuti yang diinstruksikan,” ujar Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan itu. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button