DaerahSosial

Menguatkan Loyalitas Organisasi, BenMas Atoin Munif TTU Lakukan Basic Training Pembekalan Anggota

BeritaNasional.ID-Kefamenanu NTT,- Organisasi Forum Pemberdayaan Atoin Munif BenMas menggelar agenda basic training pembekalan anggota dengan tema, “Atoin Munif BenMas Bersama Melangkah Maju”, di Desa Benus, Kecamatan Naibenu, Kabupaten TTU, NTT. Minggu (17/4/22).

Agenda Pembekalan Anggota Atoin Munif BenMas Berlangsung selama satu hari dengan berbagai pemateri dan tema untuk menguatkan identitas kader-kader BenMas.

Dalam kegiatan tersebut, panitia mengundang dua narasumber sebagai pemateri. Keduanya adalah bapak Elias Koa, S.I.P, sekretaris DPD Partai Hanura NTT dan bapak Iwal Falo, S.Sos, senior Atoin Munif BenMas.

Pembicara pertama, Elias Koa, S.I.P. dengan tema pembicaraan adalah pentingnya Atoin Munif BenMas, belajar dari organisasi dalam hubungannya dengan kehidupan nyata di masa depan.

Dalam sharingnya, Ia menyampaikan bahwa Forum Pemberdayaan Atoin Munif BenMas merupakan salah satu wadah untuk belajar berorganisasi. Ia juga Kemudian menarasikan pengalaman hidupnya dalam kehidupan berorganisasi hingga saat ini beliau menjadi sekretaris DPD partai Hanura NTT.

Dalam kegiatan ini, Ia menekankan setidaknya lima hal penting dalam kehidupan berorganisasi yakni strategi, struktur, skill, sistem dan speed. Lima hal tersebut menjadi penting dan perlu diperhatikan dalam kehidupan berorganisasi. Ia juga menyampaikan rasa bangga atas terlaksana acara ini, “sangat bersyukur para anggota BenMas hadir dan menyukseskan kegiatan ini”, Ungkap Sekretaris DPD Hanura NTT yang dikonfirmasi Bernas.ID, Senin (18/4) malam.

“Inilah para pejuang di Ormas kita BenMas yang malam ini telah kita ucapkan sumpah Trisula sakti bersama, saling melindungi, saling menguatkan, saling membesarkan, sebagaimana tema kita hari ini” ungkapnya.

Dirinya juga tidak lupa memberi arahan untuk menjaga kekompakan dan keharmonisan setiap pengurus BenMas Atoin Munif hendaknya memiliki empat unsur tokoh, seperti Abu Bakar Ash-Shiddiq orang yang di tuakan (sesepuh), Umar bin Khattab orang berani dan kuat, Usman bin ‘Affan orang yang siap berkorban dengan hartanya. dan kemudian Ali bin Abi Thalib yan memiliki kecerdasan tinggi.

Akhir kata, Ia berpesan bahwa setiap anggota Forum Pemberdayaan Atoin Munif BenMas dalam hidup berorganisasi, harus banyak bertindak daripada berbicara terutama anak-anak muda harus lihai membaca peluang. “orang muda saat ini mesti menciptakan kreatifitas untuk menciptakan lapangan kerja bagi orang muda sendiri, terutama di wilayah Manamas-Benus TTU”, jelasnya. 

Nampak hadiri dalam kegiatan ini, Anggota Forum Pemberdayaan Atoin Munif BenMas, tokoh pemerintah dari Desa Manamas dan Desa Benus, tokoh masyarakat, dan para senior Atoin Munif BenMas.

Sedangkan Iwal Falo, S.Sos. Dengan tema pembicaraan adalah job description para pengurus dari organisasi Forum Pemberdayaan Atoin Munif BenMas.

Dalam pengantar awal, beliau memberi kesan bahwa Forum Atoin Munif BenMas adalah salah satu bukti terobosan baru dari anak-anak muda Manamas – Benus.

Dalam penjelasannya tentang job description, beliau menjelaskan secara apik mengenai uraian tugas dari para pengurus inti Forum Pemberdayaan Atoin Munif BenMas seperti tugas ketua sebagai pengendali utama dalam organisasi dalam mengkoordinir semua anggota agar seluruh kegiatan atau program berjalan lancar. Kemudian tugas sekretaris, bendahara dan ketua divisi, yang ada dalam organisasi.

Pada akhir pembicaraannya, beliau berpesan bahwa anak muda harus cerdas, peduli, saling mendukung, mampu memimpin diri sendiri dan mampu memimpin banyak orang.

Setelah selesai pemaparan materi dari kedua narasumber, ketua Forum Pemberdayaan Atoin Munif BenMas, Boni Falo, menyampaikan bahwa misi Forum Pemberdayaan Atoin Munif BenMas hanya satu yakni mengharumkan kuan bale (kampung halaman) Manamas – Benus ke seluruh pelosok negeri bahkan di kanca internasional.

Lebih lanjut, beliau menyampaikan bahwa untuk mengharumkan kuan bale Manamas – Benus maka Forum Pemberdayaan Atoin Munif BenMas akan bergerak di tiga bidang utama yakni bisnis, politik, dan sosial. Sedangkan bidang yg lain akan menunjang ketiga bidang di atas seperti olahraga, kesenian, dll.

Diakhir sambutannya, beliau mengucapkan limpah terima kasih kepada kedua pemateri, para undangan dan seluruh anggota Forum Pemberdayaan Atoin Munif BenMas yang hadir dan berpartisipasi mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan ini pun diakhiri dengan laporan dari Sevri Koa, selaku ketua panitia, tentang proses berlangsungnya kegiatan, tujuan kegiatan dan kontribusi dana. Kemudian ucapan terima kasih kepada anggota panitia yang sudah bekerja keras dalam menyukseskan kegiatan tersebut. 

Turut hadiri dalam kegiatan ini, Anggota Forum Pemberdayaan Atoin Munif BenMas, tokoh pemerintah dari Desa Manamas dan Desa Benus, tokoh masyarakat, dan para senior Atoin Munif BenMas. (*)

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button