Nasional

Menhub Sarankan Pemudik Tidak Gunakan Kendaraan Roda Dua

image_pdf

BeritaNasional.ID Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan arus mudik akan dimulai pada Jumat (8/6/2018) dan Sabtu (9/6/2018). Sedang arus balik mencapai puncaknya pada 12 sampai 13 Juni.

Menteri Budi mengatakan setelah ada pengumuman libur panjang maka arus mudik dumulai 8 sampai 9 juni 2018. “Mohon maaf bila kami ambil keputusan tertentu karena bisa dipastikan riset yang diberikan ke kami adalah dari kembaga yang kredibel,” katanya kepada awak media di Jakarta, Kamis (7/6/2018).

Menurutnya, selain arus mudik yang berubah, arus balik pun menjadi maju. Semula diperkirakan 24 hingga 35 Juni namun perkiraan itu mnejadi 19 sampai 20 Juni.

“Jadi mereka mengadakannya lebih awal,” ujarnya.

Ia minta petugas untuk bisa memperlancar arus mudik, juga balik. “Seluruh petugas Dishub dan Kapolres saat ini sampai lebaran tetap ramp check karena kita nggak mau kecolongan setelah Idul Fitri ternyata ada bus liburan ke Puncak dan remnya blong,” katanya. “Petugas Dishub terutama di Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogya untuk melakukan ramp mcheck. Bila ada yang rem blong, jangan jalan.”

Ia juga minta pemudik untuk tak nekat pulang kampung dengan sepeda motor. “Dengan segala kerendahan hati, saya anjurkan untuk tak mudik naik motor karena dua tahun berturut-turut terbukti kecelakaan sampai 70 persen. Saya mohon yang pakai motor naik bus saja, bus tersedia banyak,” katanya. (dki1/bn.id)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close