Jawa Timur

Menjelang Pergantian Tahun, Harga Kebutuhan Pokok Naik Meroket

BERITANASIONAL.ID, PROBOLINGGO
Harga kebutuhan pokok di pasar tradisional Kota Probolinggo, Jawa Timur melambung tinggi, tak hanya cabai yang harganya sudah mengalami kenaikan, namun daging ayam dan daging sapi juga semakin mahal.

Salah satu pedagang, Ida mengatakan sebelumnya harga daging ayam hanya berkisar Rp. 30.000 kini sudah mencapai Rp. 37.000.

Sudah ada sekitaran 3 hari kemarin mas harganya naik, dari harga 30 ribu sampai sekarang 37 ribu mas,”ujarnya, Selasa (28/12/2021).

Harga cabai rawit mulai naik sejak awal musim hujan di beberapa daerah, sebagian daerah tergenang banjir sehingga stoknnya mulai terbatas, sedangkan tingkat pembelian tetap bahkan meningkat.

Kini harga cabai rawit sendiri terus mengalami kenaikan harga yang sangat signifikan, dari harga Rp. 20.000 kini sudah mencapai Rp. 80.000 per kg.

Kenaikan harga cabai memicu berkurangnya daya beli, sebelumnya pelanggan biasa membeli cabai rawit 1 Kg saat ini hanya separuhnya,” ujar Sueb, salah satu pedagang rempah – rempah.

Tak terkecuali tomat dan telur ayam pun juga mengalami kenaikan harga, dari awalnya harga tomat hanya 6Rb kini sudah mencapai 20Rb per Kg. Untuk harga telur ayam yang sebelumnya hanya 27Rb per Kg kini sudah mencapai harga 38Rb.

Demikian pembeli banyak yang menjerit dengan kenaikan harga tersebut, bahkan untuk harga daging sapi juga sangat tinggi.

Untuk daging sapi sekarang sudah mencapai harga 140Rb per Kg nya mas, dari harga 95Rb, ya jelas untuk minat pembeli pun juga menurun,”Ujar Heni, salah satu pedagang daging sapi.

Dihimpun dari keterangan pembeli, memang terlihat sedikit kecewa dengan kenaikan harga tersebut. Namun karena kebutuhan pokok maka dengan terpaksa tetap membeli meskiipun dengan cara mengurangi porsi seperti biasanya.

Saya memang sering membeli daging mas, karena memang saya punya warung dirumah, tapi sejak ada kenaikan harga ini, terpaksa saya mengurangi porsinya, yang biasanya saya beli 2kg sehari kini saya hanya membeli 1kg saja,”Ujar Marni, salah satu pelanggan. (Onoy)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button