NasionalRagam

Menkes Pakai Obat Tamiflu, Apa Bedanya dengan Avigan yang Dibeli Jokowi?

BeritaNasional.ID, Jakarta – Dilansir dari media Suara..com, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) merekomendasikan obat Tamiflu sebagai obat yang digunakan untuk pasien virus corona Covid-19 di Indonesia. Hal ini disampaikan Menkes Terawan, dalam rapat dengar pendapat dengan anggota Komisi IX DPR RI.

Pemilihan obat tamiflu karena obat itu ada, tersedia dan diproduksi di dalam negeri. Sehingga tidak perlu repot-repot untuk mengimpor, seperti Presiden Jolo Widodo yang telah membeli avigan dari Jepang.

Lalu bagaimana perbandingan antara kedua obat tersebut?

Ketua PDPI Jakarta dr. Erlina Burhan, mengatakan belum ada penelitian atau praktik yang membandingkan efektivitas antara avigan dan tamflu. Mengingat avigan adalah obat flu dari Jepang yang sebelumnya tidak digunakan di Indonesia.

“Belum ada yang coba membandingkan, kan itu obat yang jarang dipakai avigan,” kata Erlina pada Jumat (3/4/2020).

Adapun terkait efek samping, meski sama-sana serupa antivirus tamiflu dan avigan memiliki efek berbeda, karena memiliki komposisi yang berbeda.

Sayang, karena belum pernah membandingkan keduanya, Erlina enggan memaparkan perbedaan efek samping Tamiflu dan avigan ini.

Sementara itu Avigan sendiri pernah digunakan di Wuhan, China dan Jepang untuk mengobati pasien Covid-19. Perbandingannya adalah 91 persen paru-paru yang diberi avigan membaik, dan hanya 62 persen mereka yang tidak diberi obat yang paru-parunya membaik.

Sayang, sepertinya avigan tidak berfungsi kepada mereka yang kondisinya sudah sangat parah akibat virus corona. Sehingga peneliti menyimpulkan avigan tidak berfungsi dengan baik saat virus sudah belipat ganda.

Sedangan tamiflu adalah obat virus influenza yang sudah digunakan sejak tahun 2000-an. Obat ini juga sempat digunakan di Indonesia saat mengatasi wabah flu burung pada 2005. Sedangkan di Amerika Serikat, tamiflu juga diresepkan untuk penanganan wabah flu rutin. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button