BatamDaerah

Menko Perekonomian Gandeng Dubes AS dan Kanada Ke Kawasan KEK Batam

BeritaNasional.ID, BATAM – Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Airlangga Hartanto kembali mendatangi dua Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kawasan Nongsa, Batam, Kepulauan Riau pada hari Jum’at, 04 November 2022 didampingi oleh Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad dan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Dalam kunjungan kali ini, Airlangga mengunjungi KEK Nongsa dan KEK Batam Aero Technic (BAT) dengan menggandeng Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat, Sung Y Kim dan Dubes Kanada untuk Indonesia, Nadia Burger.

Dalam kunjungan tersebut, Airlangga menyampaikan pihaknya bersama para dubes meninjau fasilitas yang ada dan kebutuhan kedepannya dalam KEK itu sendiri. “Ke depan dibutuhkan kerjasama untuk engine maintanence, saat ini sedang bicara General Electric (GE) dan kami mengarahkannya ke BAT,” ujar Airlangga.

Menurutnya BAT dapat menyediakan engine maintenance yang sangat diperlukan, apalagi BAT memiliki 600 engine. Di mana hal itu sudah menjadi market sendiri yang saat ini sedang engine prepare di Singapura, China dan negara-negara di Eropa.

Pada kesempatan itu, Airlangga juga mengatakan kunjungan itu bertujuan untuk meninjau perkembangan digital dan investasi di kawasan tersebut. “Kawasan ini sudah ada beberapa data center dipersiapkan, beberapa waktu lalu saya ikut dalam pailing (tiang pancang) ceremony daripada GDS” Ujarnya.

Selain itu, juga ada perkembangan baru mengenai penambahan komitmen dari IBM di Kampus Merdeka. Dan pada bulan Maret 2023 akan merekrut pendidikan untuk hibrid dan cloud academy serta Kecerdasan Buatan (Artificial intelligence/AI).

Dari sisi pemerintah, Airlangga menyampaikan bahwa pemerintah terus mendorong dan berharap KEK dapat menarik beberapa investor terutama bidang digital.

“Saat ini sudah tersedia fasilitas dan conectivity dengan Singapura. Ditambah juga ada ketersediaan power atau tenaga listrik yang renewable energy termasuk yang berbasis solar” Pungkasnya.

Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Y Kim mengatakan bahwa saat ini merupakan kesempatan untuk bersama memberikan kontribusi terhadap pemulihan ekonomi global.  “Saat ini investasi yang sudah tercapai di Batam yaitu McDermott yang telah menyerap 10 ribu tenaga kerja” Ungkapnya.

Duta Besar Kanada untuk Indonesia, Nadia Burger menambahkan relasi Kanada dan Indonesia sudah erat terjalin sejak lama, serta telah berkolaborasi dalam banyak hal. Pada tahun ini, ia menyebutkan sudah masuk 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Kanada.

“Meskipun relasi Kanada-Indonesia-AS sudah kuat, tetapi kita masih bisa dan harus bekerja sama lebih banyak lagi dalam hal mengelola potensi ekonom” Ucap Nadia.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button