Daerah

Menpan-RB Beri Penghargaan Atas Pelayanan Publik SIM Dan SKCK Polres Banyuwangi

image_pdf

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Setelah dua tahun berjalan pelaksanaan pelayanan pembuatan SIM dan SKCK di Polres Banyuwangi dijadikan role model oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), kini ditetapkan mendapat penghargaan bersama 72 lembaga lain.

Penghargaan atas pelayanan publik terbaik tahun 2017 itu diterima langsung oleh Kapolres Banyuwangi, AKBP Donny Adityawarman, SIK, MSi di ruang serbaguna Kemenpan RB, Jakarta, Rabu (24/1/18).

Deputi Pelayanan Publik, Prof. Diah Natalisa menyatakan, evaluasi dilaksanakan agar para pimpinan instansi pemerintah dan pimpinan unit penyelenggara pelayanan publik tetap memiliki komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan. Selain itu, pemantauan dan evaluasi juga dilaksanakan sebagai percontohan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan.

“Pemerintah terus mendorong terhadap pertumbuhan ekonomi dan memberi dampak bagi kesejahteraan masyarakat dengan pelayanan publik yang prima dan profesional. Untuk itu, pemantauan dan evaluasi perlu dilakukan secara efektif dan berkelanjutan,” jelas Prof. Diah.

Menurut Prof. Diah, penilaian evaluasi pelayanan publik meliputi 6 faktor, di antaranya aspek kebijakan (30 persen), profesionalisme SDM (18 persen), sistem informasi pelayanan publik (15 persen), konsultasi dan pengelolaan pengaduan (15 persen), sarana prasarana (15 persen), dan inovasi pelayanan publik (7 persen).

Sementara Menteri PAN-RB, Asman Abnur saat itu menyampaikan, evaluasi kinerja pelayanan publik dilaksanakan dalam rangka peningkatan peringkat kemudahan berusaha yang ditargetkan Indonesia dapat mencapai peringkat 40 pada EODB (Ease of Doing Bussiness) 2020.

“Evaluasi dan pemberian penghargaan ini juga bertujuan untuk memotivasi dan mengapresiasi kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah yang dijadikan role model untuk dapat menerapkan kebijakan Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik secara baik dan benar. Serta mendorong kementerian, lembaga dan pemerintah daerah role model untuk berkompetisi untuk mewujudkan pelayanan prima,” ujarnya. (Hakim Said/red)

Caption : Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman, SIK, MSi saat menerima penghargaan dari Deputi Pelayanan Publik, Prof. Diah Natalisa di ruang serbaguna Kemenpan RB, Jakarta, Rabu (24/1/18)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close