Daerah

Menuju Desa Wisata, Kades Terpilih Balangloe Tarowang Terus Melakukan Penataan

BeritaNasional.ID, Jeneponto – Kepala Desa terpilih terus melakukan penataan menuju Desa Wisata,Balangloe Tarowang  terdiri dari empat Dusun berada Kecamatan Tarowang, Kabupaten Jeneponto, untuk menuju desa wisata.

Hal itu erat kaitannya dengan visi Desa Balangloe Tarowang  menuju desa wisata dengan berbagai potensi yang ada.

“Secara geografis Desa Balangloe Tarowang sangat diuntungkan karena berada pada jalur lintasan utama jalan nasional. Selain itu, didukung keadaan alam dan dekat dengan pesisir pantai. Selain itu memiliki banyak mata air,”kata kepala Desa Balangloe Tarowang Minggu(19/7/2020).

Mansur menuturkan, faktor budaya dan potensi sumber daya manusia juga bisa diarahkan untuk disiapkan ke arah desa wisata.

“Dan yang paling utama bahwa Desa Balangloe Tarowang memiliki empat Dusun yang potensial disamping memiliki daratan tepi pantai yang panjang untuk dijadikan wisata yang bisa dikunjungi banyak orang,dan itu merupakan aset desa,” jelasnya.

Menurutnya, dengan berbagai potensi wilayah itu, pihaknya akan fokus terhadap percepatan pembangunan di desa wisata.

“Pengembangan desa wisata itu sebagai solusi untuk menjawab persoalan perekonomian warga setempat. Dengan mewujudkan desa wisata diharapkan terjadi interaksi ekonomi dari pengunjung wisata dengan para pelaku usaha maupun warga di Desa Balangloe Tarowang,” harapnya.

Untuk menuju percepatan pembangunan pariwisata di Desa Balangloe Tarowang, katanya, diperlukan langkah awal yakni penyusunan RPJMdes. Sebagai tahap awal.

Mansur mengatakan, harus dilakukan kajian secara menyeluruh  yang dilakukan oleh lembaga yang mumpuni dalam hal pembangunan desa wisata.

“Lebih penting lagi, spasial tata ruang wilayah Desa Balangloe Tarowang  yang disiapkan untuk desa  wisata. Sebagai desain perencanaan awal,” katanya. (A.Arsyad)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close