Daerah

Menyamakan Persepsi Untuk Kemajuan Fakfak, Forum Komunikasi dan Pemangku Kepentingan Gelar Pertemuan

 

FAKFAK PAPUA BARAT, BeritaNasional.ID – Forum Komunikasi Kemitraan dan Bersama Pemangku Kepentingan Kabupaten Fakfak Tahun 2021, gelar pertemuan terkait dengan adanya jaminan kesehatan dari universal helath coverage(UHC).

Hal tersebut disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manokwari Deny Jermy Eka Putra Mase,SKM,MM di dampingi Kepala BPJS Kabupaten Fakfak Ibu Yubel Ayal saat di Temui Wartawan di Baal Room Arguni lantai 2 hotel Grand Papua Jumat siang 23 April 2021 Pukul 09.00 WIT.

Kegiatan forum ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan BPJS Kesehatan, dimana penyelenggarannya dilaksanakan oleh 3 Kegiatan Forum yaitu, Forum Kemitraan, Forum Koordinasi dan Forum Komunikasi.

Kegiatan Forum ini dilaksanakan 2 kali dalam setahun dan kegiatan ini rutin melibatkan Pimpinan-Pimpinan Daerah, di antaranya Plh Bupati Fakfak yang di Wakili oleh Asisten III Kabupaten Fakfak Giring beserta Pimpinan-Pimpinan OPD terkait yang tergabung dalam ketiga forum tersebut.

Dan kegiatan forum ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan pandangan serta menyamakan data terkait dengan jaminan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat kabupaten Fakfak, unkap Deny Jermy Putra Mase,SKM,MM.

Hal ini dilaksanakan karena secara Nasional Kabupaten Fakfak merupakan salah satu kabupaten yang sudah mencakup seluruh penduduk Kabupaten Fakfak memperoleh jaminan pelayanan kesehatan dari Universal Helath Coverage (UHC).

Kegiatan ini, selain menyampaikan evaluasi dan juga hasil kegiatan selama tahun 2020, baik itu dari segi pelayanan kesehatannya maupun dari segi penganggaranya, dan disamping itu juga kami melakukan strategi-strategi yang perlu dijalankan di tahun 2021.Ulasnya Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manokwari.

Untuk pemenuan hasil kegiatan itu, kami sangat membutuhkan peran serta dari Pimpinan-pimpinan OPD atau dari Pemerintah Daerah setempat dalam hal ini kabupaten Fakfak untuk memberikan masukan-masukan dan langkah-langkah kongkrit yang perlu di ambil untuk memajukan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Fakfak.

Program prioritas yang dilaksanakan di Kabupaten Fakfak pertama adalah kita sedang memvalidasi data untuk Kabupaten Fakfak.

Hal ini dilakukan dengan melihat data yang ada, dan secara total masyarakat Fakfak telah mendapatkan Jaminan Kesehatan, dan itu sudah melebihi dari pada jumlah penduduk yang ada di kabupaten Fakfak, ungkapnya.

Untuk menuju tujuan yang akan dicapai, kita melakukan verifikasi dan validasi data, terutama dengan Dinas-Dinas terkait dalam hal ini, utamanya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, serta Dinas Sosial.

Selain itu, juga kita mengevaluasi pelaksaannya, termasuk mempertahankan apa yang dianggap baik, dan meningkatkan Program Universal Helath Coverage (UHC) bagi masyarakat Kabupaten Fakfak.

Harapan kami dengan nantinya data ini sudah valid, data ini sudah lengkap, sudah terferivikasi dan validasi dengan baik maka di kemudian hari kami bisa mengetahui berapa banyak masyarakat Kabupaten Fakfak yang betul-betul mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan untuk bisa dilayani, difasilitas kesehatan jika masyarakat akan mendapatlan pelayanan kesehatan.(Sumber Amatus Rahakbauw/Risal Bakri).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button