AdvedtorialBone Bolango

Merlan Uloli Ajak Kaum Perempuan di Gorontalo Teladani Semangat Perjuangan Isteri Nani Wartabone

BeritaNasional.ID, BONE BOLANGO – Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli mengajak kepada kaum perempuan di Gorontalo untuk meneladani semangat perjuangan isteri pahlawan nasional Nani Wartabone yang bernama Aisa Wartabone Tangahu.

Hal ini diutarakan Bupati perempuan pertama di Gorontalo itu saat diwawancarai usai mengikuti upacara peringatan Hari Patriotik 23 Januari 1942 yang ke 82 di Lapangan Desa Duano Kecamatan Suwawa Tengah serta melakukan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Nasional Nani Wartabone dan makam Aisa Wartabone Tangahu yang berdekatan dengan makam suaminya.

Bupati Bone Bolango Merlan S Uloli melakukan ziarah dan tabur bunga di makam pahlawan nasional Nani Wartabone (foto: Onal/Prokopim)

Menurutnya, selain harus menghargai dan meneladani jasa dan semangat perjuangan Nani Wartabone, kaum perempuan di Gorontalo juga tidak boleh mengabaikan peran dan jasa perjuangan Aisa Wartabone Tangahu yang setia mendampingi suaminya dalam perjuangan melawan penjajah.

“Semangat Beliau (Aisa Wartabone Tangahu) yang berjuang bersama dengan pak Nani Wartabone patut kita teladani khususnya kaum perempuan di Gorontalo,” kata Merlan kepada awak media, Selasa (23/1/2024).

Sebagai seorang perempuan yang menjadi pemimpin daerah, ia sangat berharap nilai-nilai perjuangan Aisa Wartabone Tangahu dapat dijadikan inspirasi bagi kaum perempuan di Gorontalo.

Perempuan, kata Merlan harus membuktikan dirinya bahwa mereka juga mampu menjadi pelaku sejarah dalam pembangunan daerah terutama dalam upaya mengentaskan kemiskinan dan mencegah stunting.

“Sebagai perempuan kita juga harus bangga dan menjadikan diri kita memiliki semangat yang sama dengan Ibu Aisa Wartabone Tangahu dalam perjuangan membebaskan rakyat Gorontalo terutama di Kabupaten Bone Bolango dari kemiskinan dan stunting,” pungkasnya.

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button