Daerah

Muh Ilyas ” IKM Kab Mateng Tiap Tahun Meningkat”

image_pdf

Berita Nasional.id — Peningkatan pengembangan perekonomian kabupaten Mamuju Tengah makin diupayakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mamuju Tengah melaui program pengembangan usaha Industri Rumahan yang berbahan dasar dari Jagung dan Pisang.

 

Industri Rumahan dapat dijumpai ditengah -tengah masyarakat karena tersebar di 5 Kecamatan se Kab Mateng , yakni Kecamatan Karossa , kecamatan Topoyo , Kecamatan Budong – budong , kecamatan Pangale dan Kecamatan Tobadak dimana setiap tahunnya mengalami peningkatan mulai dari tahun 2016 sd 2018 dengan rincian , pada tahun 2016 Industri Rumahan berjumlah 175 , tahun 2017 sebanyak 263 dan pada tahun 2018 meningkat sampai 675 Industri , Jelas Sekretaris Perindag Muh.Ilyas saat ditemui diruang kerjanya .

Lebih lanjut Muh Ilyas menjelaskan , Industri Rumahan terkadang timbul tenggelam ini disebabkan kurangnya faktor perhatian dan efektifitas , dari persoalan ini maka dinas Perindustrian dan Perdagangan kab Mateng akan lebih melakukan pengawasan dan memberikan sosialisasi kepada pelaku Industri Rumahan di masyarakat , selain itu Industri dari bahan baku kayu dan rotan juga merupakan industri yang senantiasa dijaga dan dikembangkan oleh dinas Perindag Mateng . Untuk Industri Menengah bentuk persero ada 3 yakni PT.Surya Raya , PT. Trinity dan PT. Wahana Karya Sejahtera Mandiri , Industri Rumahan pada perubahan , pemerintah akan memberikan bantuan kepada pelaku Industri Rumahan dan saat in Kab Mateng telah memiliki rumah produksi atau rumah Kemasan dan berada di 3 desa yakni desa tobadak lima , kabubu dan pangale . Terang Muh Ilyas.

Pihak perindustrian dan perdagangan akan sinergi dengan pihak Pariwisata dalam pengembangan wisata kuliner di Kab Mamuju Tengah . ” Saat ini pemerintahan Mateng melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan akan mengembangkan kegiatan sosialisasi dan pelatihan – pelatihan bagi pelaku industri rumahan agar hasil industri rumahan bisa mendongkarak IKM -IKM jauh lebih baik dan maju .,” terang Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdanganan Muh .Ilyas SPd yang baru menjabat sebagai Sekretaris dimana sebelumnya sebagai kabid di Dinas Perikanan dan Kelautan kab Mateng .

Bagi kelompok – kelompok Industri kerajinan seperti Industri meubel (pertukangan) , dan industri Rotan pemerintahan Mateng melalui Perindag akan memberikan bantuan kepada perkelompok adapun besaran yang biasa diberikan berkisaran 15 sampai 50 jutaan , Perindag akan memfasilitasi Industri Kecil dan rumahan agar produktifitasnya meningkat melalui program Pengembangan IKM , termasuk akan berkordinasi dengan Dinas Pariwisata untuk mengembangkan wisata – wisata kuliner , serta lebih memperkenalkan kerajinan tangan masyarakat mateng kepada tamu – tamu daerah dan Nasional berupa tempat map , gantungan Map , tempat tissu yang bahan dasarnya dari Pelepah Pisang yang bisa didapat di kombes Kabubu terang Muh Ilyas . (Yuni)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close