Jawa Tengah

Muktamar Muhammadiyah ke 48 di Surakarta Tetapkan Haedar Nashir sebagai Ketua Umum

BeritaNasional.ID, Surakarta – Rangkaian agenda Muktamar Muhammadiyah ke 48 di Surakarta telah usai. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, salah satunya menetapkan Ketua Umum dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah serta Aisyiyah masa bakti 2022-2027.

Lewat sidang pleno, Panitia Pemilihan Muktamar Muhammadiyah ke 48 menetapkan Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si sebagai Ketua Umum PP Muhammadiyah dan Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed sebagai Sekretaris Umum PP Muhammadiyah masa bakti 2022-2027.

Haedar Nashir dan Abdul Mu’ti terpilih berdasarkan hasil Sidang Pleno VIII Muktamar Muhammadiyah ke 48 di Auditorium KH Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Minggu 20 November 2022.

Proses penetapan Ketua Umum dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah masa bakti 2022-2027 dilakukan tiga jam lebih cepat dari waktu yang ditetapkan.

Efisiensi waktu ini terjadi salah satunya karena proses pemilihan dan penghitungan dilakukan dengan sistem e-voting.

Menurut Ketua Panitia Pemilihan, Achmad Dahlan Rais, rapat didahului dengan dialog tentang berbagai hal yang perlu dan penting untuk lima tahun kedepan. Namun sidang berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

“Rapat memutuskan bahwa untuk Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah masa bakti 2022-2027 adalah Bapak Profesor Doktor Haedar Nashir, dan juga memutuskan sekretaris umum adalah Bapak Profesor Doktor Abdul Mu’ti,” terang Dahlan Rais.

Lebih lanjut disampaikan, ada perbedaan selama sidang, yaitu ketua umum perlu ada penetapan dan pengesahan, sedangkan sekretaris umum hanya diumumkan.(*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button