SUMUT

Mulai Tiang Listrik Kayu Sampai Kabel Semerawut, Ketua Komisi C DPRD Binjai Segera Panggil PLN

BeritaNasional.ID, Binjai- Ketua Komisi C DPRD Kota Binjai, Yudi Pranata akhirnya ikut angkat bicara menanggapi soal keluhan warga terkait keberadaan tiang listrik berbahan kayu di Kota Binjai. Terlebih lagi, tiang-tiang listrik tersebut sudah sangat membahayakan karena dalam kondisi keropos dan miring.

“Kamis ini akan kami panggil PLN untuk RDP (Rapat Dengar Pendapat) karena bagaimana pun daerah kita ini sudah berstatus kota bukan lagi daerah terpelosok,” kata Yudi, Sabtu (4/6/2022) siang.
Sebelumnya diberitakan, di tengah era digitalisasi 4.0, Kota Binjai ternyata ‘Masih Kalah Jauh’ atau tertinggal dengan daerah perkotaan lainnya terutama menyangkut infrastruktur kelistrikan. Hal ini terlihat dari banyaknya kecamatan di Kota Binjai yang masih menggunakan tiang listrik berbahan kayu yang diproduksi sejak tahun 1983.
Sebut saja seperti di daerah Kecamatan Binjai Barat, Kota Binjai. Disana mulai Jalan Anggur, Jalan Rukam, Jalan Mayjen Sutoyo dan Jalan Sawo, terhitung ada 7 tiang listrik yang masih berbahan kayu. Belum lagi di tempat lainnya.
Sebagian besar diantaranya terlihat sudah keropos dan posisi miring. Warga pun khawatir tiang listrik kayu tersebut sewaktu-waktu dapat roboh dan membahayakan pengguna jalan.
“Masak cuma mengganti 7 tiang listrik saja sama pemerintah tidak bisa. Apa harus nunggu jatuh nimpahi orang dulu baru diganti,” kata Anto warga setempat.
Menurut Anto selama ini warga sudah berulang kali melapor ke pemerintah agar tiang listrik kayu ini secepatnya diganti. Tapi apa mau dikata, sampai kini belum juga ditindak lanjuti.
“Kami berharap supaya secepatnya lah tiang listrik kayu disini diganti, supaya tidak ada jatuh korban,” pintanya.
Anggota DPRD Kota Binjai, Ryan Wijaya SE juga pernah berkomentar menanggapi kondisi tiang listrik berbahan kayu tersebut. Beliau menyebut banyak tiang listrik atau tiang Telkom di Kecamatan Binjai yang sudah dalam posisi miring.
“Belum lagi kabel-kabel yang semerawut dan bahkan ada yang sudah menjuntai ke bawah. Hal ini sangat membahayakan dan harus segera dibenahi,” ucap Ryan Wijaya yang terjun langsung melakukan pengawasan ke lapangan.
Sementara itu, Kabid Perumahan Perkim Kota Binjai, Amrul saat dikonfirmasi berjanji akan menyampaikan tentang keberadaan tiang listrik kayu ini ke Bidang LPJU.
“Bukan bidang saya itu. Tapi gitupun nanti akan saya sampaikan ke LPJU,” katanya. (bay)
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button