BondowosoDaerahJawa TimurMenuju Pemilu 2024

Muncul Empat Nama Baca Pj Bupati Bondowoso

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Walaupun sejumlah Fraksi DPRD merahasiakan nama-nama Bakal Calon (Baca) Pj Bupati, ahirnya terbongkar juga ke publik.

Keempat Baca Pj Bupati tersebut adalah Moh. Ali Kuncoro, Kadis Pemuda dan Olahraga, Androme Qmariyah, Kadis Koperasi dan UMKM (Keduanya dari Pemprov Jatim, red), Rahmat Hidayat, Ahli Maritim, dan Drs. H. Bambang Sukwanto, MM, Sekda Bondowoso.

Karena yang akan diusulkan menjadi Pj Bupati ke Kemendagri oleh DPRD melalui usulan fraksi-fraksi hanya 3 kandidat, maka salah satu dari keempat Bacalon tersebut harus tereliminasi.

Namun demikian, Calon Pj Bupati Bondowoso yang diusulkan oleh DPRD belum tentu disetujui oleh Kementrian Dalam Negeri. DPRD hanya berhak mengsulkan, tidak mempunyai kewenangan untuk meloloskan.

Hal itu diungkapkan Ketua DPRD H. Ahmad Dhafir, SH pada sejumlah wartawan usai sidang paripurna beberapa waktu yang lalu. Dhafir, sapaannya mencontohkan Pemkot Batu Jawa Timur.

“DPRD Bondowoso tetap mamanfaatkan haknya untuk mengusulkan Pj Bupati pada Kemendagri. Walaupun yang mempunyai kewenangan menetapkan Pj Bupati tetap Kemendagri,” jelasnya.

Untuk diketahui, Ketua DPRD Kabupaten Bondowoso, H. Ahmad Dhafir, SH akhirnya membeberkan clue tiga nama yang akan diusulkan menjadi Pj Bupati. Seperti diketahui, jabatan Bupati Drs. KH. Salwa Arifin bersama wakilnya H. Irwan Bachtiar Rahmat, SE, Msi akan berakhir dua bulan lagi.

Tepatnya pada 24 September 2023. Untuk mengisi kekosongan, jabatan bupati akan dikendalikan oleh Pj (penjabat) Bupati hingga dilantiknya bupati terpilih pada Pilpub 2024 mendatang.

Proses penetapan Pj bupati ini masih dalam tahap pengusulan. Walaupun keputusan akhir tetap ada di tangan Kementerian Dalam Negeri. Namun DPRD Kabupaten Bondowoso. Tetap menggunakan hak tersebut

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button