BondowosoDaerahJawa TimurPendidikan

Murid-murid SDN Tamansari 1 Bondowoso Diajari Menjadi Jurnalis Cilik

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Untuk kali pertama, SDN Tamansari 1 Bondowoso menggelar pelatihan jurnalistik cilik, Selasa (16/05/2023).
Pelatihan merupakan hasil kerjasama dengan media Dinas Pendidikan, Majalah PIJAR dan SMKN 1 Tapen. Kegiatan tersebut diikuti oleh 40 siswa yang terbagi dalam 8 kelompok, yaitu kelas 4, 5a dan 5b.

Dalam pelatihan, seluruh peserta dibekali berbagai teknik penulisan berita, mulai dari pengenalan media, teknik wawancara, penulisan berita, pengambilan video, editing serta praktek menjadi reporter dan jurnalis cilik.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah (KS) SDN Tamansari 1, Siti Mutawarridah, S.Pd., berharap, 40 siswa yang terpilih untuk ikut pelatihan jurnalistik cilik belajar dengan sungguh-sungguh tentang jurnalis dan reporter.

“3 tulisan terbaik akan dipilih untuk diterbitkan di media Dinas Pendidikan, yaitu Majalah Pijar. Jadi berikanlah karya terbaik kalian supaya layak untuk di muat di media yang akan di sebarkan ke seluruh lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Dispendik,” kata Ida, sapaannya.

Mengambil tema ‘Pelatihan Jurnalistik Cilik Jurnalis Milenial di Era Digital’, pemateri dari media Dispendik, Zainul Muhaimin, menjelaskan, teknik dasar jurnalis meliputi definisi jurnalistik, berita dan syarat berita.

“Untuk sementara kami mengenalkan kepada siswa-siswi tentang jurnalistik, karena sesuai dengan arahan Bu KS, nanti akan ada kegiatan lanjutan,” jelas Zain-sapaannya.

Kegiatan lanjutan tersebut, lanjutnya, adalah bimbingan tambahan kepada 3 kelompok terbaik.
“Setelah memberikan materi jurnalistik, siswa akan diberi tugas wawancara dengan sesama anggota kelompok untuk bahan berita. 3 kelompok terbaik, akan kami bimbing sampai tulisan mereka layak untuk di publikasikan di media Dispendik,” imbuhnya.

Sementara itu, guru SMKN 1 Tapen, Ahmadi Andianto, S.Kom., mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan SDN Tamansari 1 untuk praktek anak didiknya.
“Brand sekolah kami adalah sekolah kolaborasi. Untuk itu kami mengajak anak didik kami ke SDN Tamansari 1 supaya mereka belajar berinteraksi atau berkolaborasi dengan semua kalangan, dengan termasuk anak kecil,” jelas Aan-sapaannya.

Menurutnya, dengan melakukan kunjungan ke SDN Tamansari 1 bermanfaat bagi kedua belah pihak.
“Kita mendapatkan pengalaman, siswa-siswi SDN Tamansari mendapatkan ilmu terkait teknik dasar jurnalistik yang di jelaskan oleh mas Zain dan teknik dasar videografi dari kami,” urainya.

Di tempat yang sama, koordinator kegiatan, Sugiyono, M.Pd., mengatakan, disamping mempublikasikan 3 karya terbaik siswa, pihaknya juga akan memberikan reward terhadap 3 kelompok terbaik.
“Kami akan memberikan trophy dan seragam jurnalis cilik SDN Tamansari 1. Hal itu kami lakukan supaya anak-anak semangat dalam mengikuti kegiatan ini,” ungkap Sugiyono.

Ditambahkan, kelompok favorit pertama akan dijadikan sebagai jurnalis cilik tetap sekolah yang akan ditugaskan meliput dan memberitakan kegiatan-kegiatan di SDN Tamansari 1. (Zainul Muhaimin)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button